Perhatian! Truk Gede Dilarang Masuk Kota – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Perhatian! Truk Gede Dilarang Masuk Kota

kendaripos.fajar.co.id KENDARI– Truk berdimensi dan bertonase besar dilarang melintas dalam ruas jalan protokol dalam kota. Sebab, daya dukung jalan tidak mampu menerima beban kendaraan berat jenis tronton, khususnya yang memuat peti kemas. Daya dukung maksimal jalan raya hanya sebesar delapan ton.

Untuk itu, Dinas Perhubungan Kota Kendari akan membentuk tim terpadu yang bertugas mengawasi arus lalu lintas kendaraan tersebut.  Untuk sementara kendaraan bertonase berat harus menggunakan jalan by pass.

Selain daya dukung jalan, aspek keamanan dan keselamatan pengguna jalan lainnya juga menjadi pertimbangan Dishub Kota Kendari. Selama ini, kendaraan jenis tronton cukup mengancam keselamatan pengendara lain akibat ukurannya yang besar dan panjang. Seringkali, separuh badan jalan hanya untuk digunakan oleh kendaraan tersebut.

Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishub Kota Kendari, Agus Sutanto mengatakan dalam waktu dekat akan dibentuk tim terpadu dari berbagai unsur pemerintah dan aparat keamanan. “Kita sedang persiapkan tim terpadu. Unsurnya dari Dinas PU, kepolisian dan Dishub. Sekarang sedang disiapkan Surat Keputusan Wali Kota,” ujar Agus Sutanto, kemarin.

Agus Sutanto menjelaskan, melalui tim terpadu tersebut diharapkan lintasan kendaraan pengangkut kontainer tersebut dapat diatur dan diisolir. Akan ada jalur khusus yang sedapat mungkin tidak berbaur dengan jalur kendaraan umum lainnya. “Kemungkinan kita siapkan jalur khusus sembari menunggu rampungnya pembangunan jalan lingkar luar. Nanti tim terpadu yang mengawasi kendaraan bertonase besar itu”, jelasnya.

Terkait efektifitas pengawasan nantinya, Agus menambahkan bahwa akan ada sanksi yang diterapkan bagi kendaraan yang melanggar. Sanksi tersebut bervariasi, bisa berupa tilang yang diberikan ataupun sanksi yang lebih berat. “Sanksinya untuk efek jera jika kedapatan melanggar. Kalau berulang kali tidak mengindahkan teguran, bisa izinnya yang dicabut,” pungkasnya. (p1/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top