Pelajar di Konsel Ini Ditangkap Edarkan Uang Palsu, Begini Kronologinya – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Hukum & Kriminal

Pelajar di Konsel Ini Ditangkap Edarkan Uang Palsu, Begini Kronologinya

kendaripos.fajar.co.id — Af (14), warga Desa Onewila Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan terpaksa harus berhadapan dengan polisi. Aksi nekatnya membeli rokok elektrik dengan menggunakan uang palsu (upal), kemarin, membuatnya harus berurusan dengan hukum. Warga yang memang sejak awal sudah curiga, langsung menangkap pelajar yang masih duduk di bangku salah satu SMP di Kota Kendari. Kini dia ditahan di Polsek Baruga.

Menurut Kapolsek Baruga, AKP Tiswan, pelajar itu ditangkap warga karena kedapatan membeli di sebuah warung, di Kecamatan Konda Kabupaten Konsel. Warga kemudian membawa Af ke Polsek Baruga. Di tangannya, polisi mengamankan tiga lembar upal pecahan lima puluh ribuan. “Anak ini menscan Upal tersebut melalui alat scannernya. Lalu di print,” kata AKP Tiswan, Jumat (21/4).

Mantan Kasat Lantas Polres Kendari membenarkan kalau Af masih berstatus pelajar. Dari hasil pemeriksaan saksi-saksi, dia sebenarnya tak sendiri waktu ditangkap warga. Dia bersama dua rekannya. Hanya saja, polisi tak menahan keduanya karena tidak ada kaitannya.

Saat ini, lanjut Tiswan, polisi masih mendalami kasus ini lebih jauh. Kata dia, sudah ada keterangan yang didapat dari  beberapa saksi, bahwa dia sama sekali tak terlibat dengan jaringan spesialis pengedar Upal. “Makanya kita dalami dulu. Keluarganya juga sudah menghadap kami untuk dimintai keterangan. Tujuannya untk mencari tahu kegiatan sehari-hari Af,” jelasnya.

Dengan tertangkapnya Af, Tiswan menghimbau kepada masyarakat Kota Kendari agar selalu waspada dengan Upal. Karena moment bulan ramadan dan mendekati lebaran biasanya upal sering beredar. Untuk mengantisipasi itu, para pedagang atau pun masyarakat lainnya selalu waspada. Kenali uang benaran dengan uang palsu,” katanya mengingatkan. (c/ade)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top