Kadishub Sultra : Tidak Ada Penambahan Armada Saat Mudik Lebaran – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Kadishub Sultra : Tidak Ada Penambahan Armada Saat Mudik Lebaran

Hado Hasina

kendaripos.fajar.co.id — Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra memastikan jika ketersediaan armada angkutan baik darat maupun laut di Sultra sudah memadai.  Semua pelabuhan penyebaran dan terminal angkutan darat sudah bisa memenuhi rasio penumpang. Termasuk bila terjadi lonjakan penumpang di hari-hari besar atau libur panjang nasional.  Misalnya jelang ramadan hingga idul fitri nanti.

Keyakinan itu disampaikan Kadis Perhubungan Sultra,  Hado Hasina.  Menurutnya,  melihat pengalaman tahun sebelumnya, lonjakan bisa teratasi dengan memaksimalkan fasilitas yang ada saat ini.  “Sebenarnya kita hanya fungsi regulasinya saja. Soal penambahan armada itu ada di syabandar atau perusahaan angkutan darat kita tinggal koordinasikan saja. Tapi sejauh ini pantauan kita, selalu tercukupi untuk pelayanan arus mudik itu,” kata Hado, kemarin.

Menghadapi arus mudik itu mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Utara ini mengaku belum melakukan persiapan khusus. Selain waktunya masih dianggap longgar,  fasilitas angkutan dianggap selalu siap kapanpun dibutuhkan masyarakat.  “Nanti kita bentuk tim terpadu seperti biasa,”  sambungnya.

Salah satu strategi mencegah lonjakan penumpang lanjut Hado,  cukup dengan menambah trip kapal saja. Seperti yang dilakukan di Pelabuhan Penyeberangan Feri Torobulu-Tampo dan Amolengo-Labuan Bajo tahun lalu. Dua titik itu memang selalu menjadi tempat terpadat antrian penumpang.  Penambahan itu disesuaikan dengan persentase kenaikan penumpang.  “Kita tambah trip saja,  misalnya 2 kali sehari menjadi 3 sampai 4 kali,  dengan begitu sudah teratasi,”  lanjutnya.

Masih kata Hado,  masyarakat Sultra memiliki banyak rute alternatif untuk menjangkau wilayah-wilayah tujuan.  Hal itu seiring dengan terus ditambahnya fasilitas pelabuhan oleh pemerintah. Sebut saja,  masyarakat asal Kota Kendari yang hendak ke kepulauan dengan membawa kendaraan,  tadinya harus melewati Pelabuhan Tampo,  kini punya alternatif melalui Labuan Bajo. (b/ely)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top