Bandara Wakatobi Dirancang Berskala Internasional, Kalender Wisata Diluncurkan – Hacked by TryDee
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Wakatobi

Bandara Wakatobi Dirancang Berskala Internasional, Kalender Wisata Diluncurkan

Suasana saat wisata Wakatobi dilaunching sebagai 10 destinasi priorotas nasional.

kendaripos.fajar.co.id — Sulit bagi Wakatobi untuk jadi daerah wisata dunia yang setara Bali atau Raja Ampat, bila tak punya bandara dengan level internasional. Bandara Matahora, yang hari ini belum bisa didarati pesawat berbadan besar harus segera dibenahi. Untungnya, Presiden Jokowi punya atensi terkait hal ini hingga meminta Menteri Parawisata, Arief Yahya memimpin percepatan pembangunan infrastruktur wisata di Wakatobi.

Arief pun kini merancang desain pengembangan kewisataan di Wakatobi yang sudah masuk dalam daftar 10 destinasi wisata prioritas nasional. Dalam gambaran Menpar, Bandara Matahora di Wakatobi nanti akan dibangun bertaraf internasional, hingga bisa melayani penerbangan dari Bali-Wakatobi. “Kita juga akan bangun resort lebih banyak. Kami hanya minta lahan sekitar 300 hektar, disiapkan Pemda. Sisanya, kami yang kerjakan,” kata Menpar, Arief Yahya, saat ditemui usai meluncurkan Calander of Event Wakatobi 2017 di Jakarta, Kamis (20/4) malam lalu.

Fokus utama dan pertama Menpar adalah bandara, agar sesegera mungkin dibangun supaya bisa didarati pesawat
berbadan besar. Arief berjanji, akhir tahun 2017 nanti, hal itu sudah terwujud. Apalagi saat ini ada beberapa pesawat
tertentu bila dari Manado sudah bisa ke Wakatobi. Menpar berjanji akan membenahi Bandara Matahora agar beskala
internasional. Untuk membangun bandara tersebut, butuh anggaran senilai Rp 30 milliar. Dan, itu harus cepat dilakukan olehpihak Kementrian Perhubungan. “Kalau seluruh bandara, butuh Rp 1 triliun. Yang Rp 30 M, cukup pengerasan dulu dan itu tersedia tahun ini,” tukasnya.

Makanya, menteri meminta Pemkab Wakatobi segera menyiapkan lahan yang dibutuhkan sekiar 300 hektar semester ini harus selesai, supaya percepatan pengembangan wisata di Wakatobi bisa segera dimulai. Di areal itu nanti akan dibangun kawasan serupa dengan yang ada di Nusa Dua, Bali. “Presiden sudah memasukan Wakatobi sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata nasional. Ini anugrah besar, kalau dipindahkan ke daerah lain, maka anda tidak punya apa-apa,” pesannya, dalam acara yang juga dihadiri Gubernur Sultra dan Bupati Wakatobi itu. Makanya, bandaranya harus kelas dunia, run way harus diperlebar agar pesawat besar bisa masuk di Wakatobi. “Kalau bukan kelas dunia, saya tidak akan membangun pariwisata, yang bandaranya bukan kelas dunia,” ujar dia.

1 of 2

Komentar

komentar

1 Comment

1 Comment

  1. Kaka

    22 Apr 17 11:36 at 11:36

    Rute nya aja dulu ditambah, daerah wisata cm ada 1 flight per hari -_-

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top