Bongkar Peran Penyelundup Jati, Penyidik Hadirkan Ahli Pidana dari Sumut – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Hukum & Kriminal

Bongkar Peran Penyelundup Jati, Penyidik Hadirkan Ahli Pidana dari Sumut

kendaripos.fajar.co.id — Berkas penyidikan tersangka illegal loging, La Irai, pelaku yang berupaya menyelundupkan 403 batang kayu jati asal Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan (Busel) mulai dilengkapi penyidik Subdit IV Tipiter Polda Sultra. Setelah ditelaah, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra ternyata memberikan petunjuk untuk memeriksa dua saksi ahli. Hal itu berdasarkan koordinasi antara jaksa dan penyidik. Kalau dua saksi ahli telah diperiksa, maka selanjutnya berkas tersebut akan dikirim kembali ke Kejati Sultra untuk diteliti.

BACA JUGA :  Muat 40 Kubik Kayu Tanpa Dokumen, Nahkoda KLM Hotel Jaya Periksa

Kasubbid PID Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh membenarkan adanya koordinasi yang dilakukan jaksa dan penyidik. Hasilnya, jaksa minta penyidik memeriksa saksi ahli pidana dan satunya lagi saksi ahli bahasa. Saksi ahli diperlukan guna menerangkan dan mendalami peran La Irai. Seperti apa perannya, maka dapat dipertimbangkan ketika ada keterangan saksi ahli. “Saksi ahli ini akan kami undang dulu. Jika permintaan disetujui, maka kami akan periksa dan lampirkan keterangan ahli tersebut, kedalam berkas La Irai,” kata pria berusia 53 tahun ini, Kamis (20/4).

BACA JUGA :  Petunjuk Jaksa Belum Dipenuhi Penyidik, Perkara Korupsi Bibit Jati Tersendat

Dia menerangkan, saksi ahli pidana nanti diundang dari Universitas Sumatera Utara (Sumut). Sementara saksi ahli bahasa akan diminta dari Kantor Bahasa di Kendari. Menurut Dolfi lampiran keterangan dua saksi ahli ini, tidak serta merta menjadi pandangan jaksa untuk menyatakan berkas La Irai untuk dapat P21. Namun kata dia, hal itu hanya dapat menjadi bahan pertimbangan jaksa. Tergantung kajian dari jaksa peneliti di Kejati Sultra seperti apa. Karena, setelah penyidik meminta keterangan ahli, maka berkas tersebut akan dikirim kembali ke JPU. “Jika sudah dinyatakan lengkap, maka alhamdulilah. Kita lihat saja seperti apa nantinya,”katanya.

BACA JUGA :  Petunjuk Jaksa Belum Dipenuhi Penyidik, Perkara Korupsi Bibit Jati Tersendat

1 of 2

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top