Soal Track Record Tiga Calrek UHO, Menristekdikti Sembunyi Rekomendasi PPATK – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Soal Track Record Tiga Calrek UHO, Menristekdikti Sembunyi Rekomendasi PPATK

Calon Rektor berpelukan usai proses penjaringan

kendaripos.fajar.co.id — Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Muhammad Nasir telah menerima laporan track record tiga calon rektor (calrek) Universitas Halu Oleo (UHO) dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Kendati begitu, seperti apa hasilnya tidak bisa diakses publik. Sebab, hasil rekomendasi ini hanya menjadi konsumsi menteri untuk dijadikan pertimbangan dalam menyalurkan 35 persen suaranya.

BACA JUGA :  Nilai Visi Misi Tiga Calrek UHO, Menristek Bentuk Timsel

Irjen Kemenristek Dikti, Jamal Wiwoho mengungkapkan hal itu. Menurut dia, hasil penelusuran PPATK terhadap rekam jejak tiga calon rektor bersifat tertutup. Apapun hasil rekomendasi, apakah ada transaksi mencurigakan dilakukan para kandidat atau tidak, tidak bisa dipublis. Bahkan, pejabat kementerianpun tidak diberi wewenang untuk mengakses informasi tersebut.

“Rekomendasi PPATK hanya menteri yang tahu. Dijadikan pertimbangan dalam menyalurkan suaranya,” ungkap Jamal Wiwoho, Selasa (18/4). Menurut dia, menteri ingin mendapatkan informasi sebanyak mungkin tentang latar belakang ketiga kandidat. Makanya, penelusuran PPATK sangat dibutuhkan.

BACA JUGA :  Nilai Visi Misi Tiga Calrek UHO, Menristek Bentuk Timsel

“Menteri tidak ingin keliru dalam menyalurkan suaranya. Rektor yang dipilih harus benar-benar sterial alias tidak ada potensi bermasalah secara hukum,” jelasnya. Selain PPATK, lembaga lain yang juga dilibatkan adalah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“KASN juga sengaja dilibatkan supaya bisa diketahui rekam jejak kepegawaiannya. Calon rektor juga melakukan pengisian pajak khususnya PPh. Apakah sudah mengirimkan LHKPN atau belum. Itu yang kita (tim khusus) sertakan dalam pertimbangan,” jelasnya.

BACA JUGA :  Nilai Visi Misi Tiga Calrek UHO, Menristek Bentuk Timsel

1 of 2

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top