Soal Antrian Pengisian BBM di Kendari, Ini Alasan SPBU – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Soal Antrian Pengisian BBM di Kendari, Ini Alasan SPBU

kendaripos.fajar.co.id –Ada pemandangan tak lazim terlihat di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Kendari sepanjang Sabtu (15/4)-Selasa (18/4). Antrian kendaraan mengular, baik itu roda dua dan empat dan stok bahan bakar yang cepat sekali habis. Jenis Premium adalah yang tak bertahan lama sudah berpindah ke tanki-tangki BBM roda empat, hingga yang lain tak kebagian dan suka tidak suka harus membeli Pertamax dan Pertalite, yang juga segera ludes.

Rupanya, itu karena kurangnya stok Bahan bakar minyak (BBM) di SPBU, akibat libur panjang yang baru saja dilewati. Selama tiga hari libur akhir pekan kemarin, Terminal BBM (TBBM) tidak melakukan operasi penyaluran BBM kepada SPBU yang. “”Stok SPBU belum di suplay, karena libur panjang. Karyawan Pertamina juga mengikuti tanggal dan hari kerja umum jadi kalau tanggal merah pasti libur,” urai Sales Eksekutif Retail Pertamina Wilayah Sultra, Indra Pratama saat dikonfrimasi melalui telepon, kemarin.

Kata Indra, kondisi habisnya stok di SPBU termasuk pasokan dari Pertamina juga dialami seluruh daerah di Sultra. Ia memastikan, Jumat dan Sabtu, pekan lalu memang tidak ada operasi atau aktifitas yang dilakukan oleh seluruh karyawan yang berada di TBBM atau Depot Pertamina, yang biasanya dihari kerja melakukan penyaluran dari Depot BBM ke SPBU yang berada diseluruh wilayah kerja Pertamina wilayah Sultra.
“Makanya, Senin pagi ketika BBM itu mulai dipasok ke SPBU, masyarakat yang telah menunggu lama langsung menyerbu SPBU, untuk membeli Premium yang pada saat hari libur itu langka, yang membuat atrian disetiap SPBU. Antrian ini hampir diseluruh wilayah bukan hanya Sultra saja,” katanya.

Indra Pratama juga mengatakan, secara umum stok yang berada di TBBM masih sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan BBM masyarakat Sultra hingga 10 hari kedepan. Namun karena adanya libur yang membuat stok BBM terlambat disalurkan menjadi adanya kelangkaan di SPBU yang membuat masyarakat mengantri untuk mendapatkan BBM. “Jadi bukan karena stok Depot BBM Pertamina kami itu kekurangan stok,” paparnya.

Salah satu penanggung jawab SPBU yang beroperasi di Kota Kendari, mengatakan selama hari libur ini stok yang diberikan depot memang berkurang. Dimana setiap harinya dirinya diberikan 16 hingga 24 ton dalam perhari namun dihari libur dirinya hanya diberikan delapan ton saja. “Pembagian setiap SPBU itu berbeda-beda, dan belakangan ini memang ada pengurangan strok premium dan itu bukan hanya di SUltra di Makassar juga seperti itu,” kata penanggung jawab SPBU yang tidak mau disebutkan namanya itu. (kmr)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top