Masa Kampanye Hanya Enam Bulan, Bawaslu Tolak Usulan Pemilu April 2019 – Kendari Pos –
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Masa Kampanye Hanya Enam Bulan, Bawaslu Tolak Usulan Pemilu April 2019

Lukman Edy

kendaripos.fajar.co.id — Pelaksanaan pemilu menjadi salah satu fokus pembahasan Pansus Revisi UU Penyelenggaraan Pemilu. Salah satu poin yang disepakati adalah masa kampanye. Bila sebelumnya berlangsung selama setahun, pada 2019 kampanye hanya dilaksanakan selama enam bulan.
Ketua Pansus Revisi UU Pemilu Lukman Edy mengatakan, pansus dan pemerintah sepakat kampanye hanya berlangsung enam bulan karena kampanye satu tahun membutuhkan biaya tinggi. ’’Energi yang dikeluarkan juga besar. Sangat melelahkan,” kata Lukman saat ditemui di kompleks parlemen, Senayan, Senin (17/4).

Masa kampanye pemilihan umum presiden (pilpres) dan pemilihan umum legislatif (pileg) sama. Namun, kata dia, pelaksanaannya berbeda. Jika di satu tempat ada kampanye pilpres, kampanye pileg tidak boleh dilaksanakan di lokasi yang sama. ’’Harus diadakan di tempat lain,” paparnya.
Lukman mengatakan, waktu enam bulan cukup untuk kampanye. Bahkan, lanjut dia, di Jerman masa kampanye hanya dua bulan. Namun, pihaknya tidak mungkin meniru sistem di negara lain karena kondisi itu tidak cocok diterapkan di Indonesia. Waktu dua bulan sangat mepet. ’’Maka, kami pilih enam bulan,” tuturnya.

Bagaimana dengan calon presiden baru yang membutuhkan sosialisasi lebih lama? Menurut Lukman, waktu enam bulan cukup bagi calon baru. Mereka harus berkampanye secara maksimal sehingga masyarakat bisa mengenal calon tersebut. Jadi, tidak perlu sampai setahun karena terlalu lama.

Selain masa kampanye, waktu pelaksanaan pemilu menjadi pembahasan. Menurut politikus PKB itu, pansus dan pemerintah juga memutuskan bahwa pemilu dilaksanakan pada 17 April. Namun, lanjut dia, KPU berbeda pendapat terkait dengan pelaksanaan pemilu. Komisi itu berpendapat, jadwal pileg mengikuti pilpres pada Juli. ’’Bukan pilpres yang ikut pileg,” ungkapnya.

1 of 2

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top