146,5 Gram Narkotika Tangkapan Polda Sultra Dimusnahkan – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Hukum & Kriminal

146,5 Gram Narkotika Tangkapan Polda Sultra Dimusnahkan

kendaripos.fajar.co.id — Barang bukti narkoba hasil tangkapan Direktorat Narkotika Polda Sultra, April lalu kini sudah jadi abu. Sabu-sabu dengan berat total 146,5 gram yang diamankan tim pimpinan AKBP Laode Kadimu itu dimusnahkan. Proses penghilangan barang terlarang itu Selasa (18/4) sekira pukul 09.30 Wita, dengan cara dihancurkan lewat pemanas incenerator.

Pemusnahan itu dilaksanakan di Rumah sakit Abunawas Kota Kendari. Sejumlah pihak seperti pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra, BPOM, BNNP dan pihak rumah sakit ikut menyaksikan. Menurut Direktur Direktorat reserse Narkoba Polda Sultra, Kombespol Sumarto, pemusnahan ini sesuai dengan hasil penetapan dari pihak Kejaksaan.

BACA JUGA :  Terkait Kasus Kepemilikan Narkoba, Robby "Geisha" Terancam 12 Tahun Penjara

Untuk menghindari penyalagunaan barang bukti yang disita, maka Narkotika tersebut dimusnahkan. Dia menjelaskan, barang bukti ini disita dari dua tersangka sekaligus, yakni Yance (50) seorang bandar narkoba asal Muna dan kurirnya, Matheji (23). Sementara kedua pelaku tersebut masih menjalani proses hukum. “Ini langkah kita untuk mencegah dan menanggulangi potensi penyalagunaan Narkotika di Sultra,”katanya.
Sumarto mengungkapkan, pola peredaran Narkotika sudah semakin masif. Dia selalu menyusun langkah-langkah dan strategi terbaru untuk mengungkap para pelaku. Meski proses hukum kedua pelaku masih berjalan, narkotika ini harus dimusnahkan. Karena ini adalah barang yang sangat berbahaya.

BACA JUGA :  Kejari Kendari Musnahkan 106 Jenis BB Narkoba

Terkait barang bukti yang akan di bawa ke Pengadilan, pihaknya telah mengambil separuh dari sabu tersebut. “Ini sesuai dengan aturan undang-undang. Kita juga mengambil beberapa sample saja untuk dijadiakan BB. Selain itu, adapula yang dikirim ke laboratorium untuk diuji. Jadi tidak semuanya kami musnahkan,”ujarnya.

Untuk diketahui sebelumnya dua tersangka ini dibekuk jajarajan subdit III Narkoba Polda Sultra. Polisi lebih dulu mengamankan Matheji, selaku kurir yang mengatar dua paket sabu tersebut kepada Yance, di Kabupaten Muna. Sayangnya belum sempat mengirim paket sabu tersebut, dia keburu dicokok di Pelabuhan Nusantara Kendari pada 2 April lalu. Sementara dari hasil pengembangan, Yance juga dibekuk di Kabupaten Muna di rumah kontrakannya. (ade)

BACA JUGA :  Bawa Narkoba Ridho Roma Diringkus Polisi

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top