Serentak di Semua Polda, Seleksi Polisi Teken Pakta Integritas – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Serentak di Semua Polda, Seleksi Polisi Teken Pakta Integritas

kendaripos.fajar.co.id — Polri bakal menggelar pakta integritas dalam seleksi anggota polisi secara serentak di seluruh Polda Jumat (17/4). Untuk merealisasikan komitmen Polri menggelar seleksi yang bersih, pengawasan internal dan eksternal diperkuat.

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (ASDM) Irjen Arief Sulistyanto menuturkan, pakta integritas itu akan ditandatangani personil yang terlibat mengetes calon siswa Akademi Kepolisian (Akpol), Bintara dan Tamtama. Sekaligus, dengan para orang tua calon polisi dan peserta seleksi.

”Pakta integritas ini ditujukan agar semua menyadari tidak boleh ada permainan. Pakta integritas ini digelar serentak di semua Polda,” ujarnya . Dengan pakta integritas ini, orang tua calon polisi dan calon polisi bisa memiliki keberanian untuk melaporkan bila menemui adanya penyimpangan. ”Langsung lapor ke pengawas saja kalau menemui penyimpangan,” katanya.

BACA JUGA :  Seleksi Lima Kepala SKPD Super Ketat, Gubernur Tetap Jadi Penentu

Untuk mendampingi pakta integritas tersebut, pengawasan seleksi tersebut juga diperkuat. Ada pengawas internal dan eksternal untuk mengawasi setiap tahapan seleksi. ”Kalau untuk internal ada dari Itwasum dan Divpropam,” jelasnya. Pengawas eksternal seperti pegiat antikorupsi dilibatkan secara melekat. Dia menjelaskan, setiap pengawas eksternal ini bisa melihat secara langsung bagaimana proses tes tersebut. ”Misalnya tes fisik, bisa langsung mereka pantau. Mereka diberikan akses,” ujarnya.

BACA JUGA :  Penerimaan Anggota Polri di Kolut Sepi Peminat

Tak hanya itu, kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) juga dilibatkan dalam salah satu seleksi. Yakni, mengecek keaslian dari ijasah yang dimiliki setiap peserta. ”Dengan begitu setiap tes menjadi lebih terawasi,” terangnya.

Arief menuturkan bahwa saat dirinya menjadi Kapolda Kalimantan Barat, juga terlibat ikut mengawasi secara langsung tes tersebut. ”Kalau setiap Kapolda ikut mengawasi tentu ini bukan hanya formalitas saja,” tegasnya.
Dia berharap, tidak terjadi kembali adanya anggota polisi yang diperiksa terkait dugaan permainana dalam seleksi anggota. ”Tidak boleh terulang lagi, sudah saya minta semua untuk menggelar secara bersih,” jelasnya.

BACA JUGA :  Penerimaan Polisi, Polres Konawe Libatkan SKPD dan Tokoh Masyarakat

Dengan seleksi yang bersih, harapan untuk memiliki pemimpin Polri yang berintegritas menjadi lebih tinggi. Sehingga, semangat Polri untuk membersihkan prilaku korup menjadi lebih kuat. ”Seleksi ini untuk mencari pemimpin Polri masa depan, tentu ini sangat penting berjalan bersih tanpa permainan,” tegasnya. (idr)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top