Astaga …Banyak Bangunan Tanpa IMB di Konawe Utara – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Konawe Utara

Astaga …Banyak Bangunan Tanpa IMB di Konawe Utara

kendaripos.fajar.co.id — Kesadaran masyarakat Konawe Utara (Konut) untuk mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) masih rendah. Padahal bila ada bangunan yang berdiri setelah ada peraturan daerah nomor 7 tahun 2012 tentang IMB, maka pemerintah menganggap itu adalah ilegal. “Kalau pemerintah pasti anggap itu bangunan liar karena tak memiliki izin. Tetapi perlu dibedakan, bangunan-bangunan yang sudah lebih dulu berdiri sebelum Perda nomor 7 tahun 2012 itu masih bisa ditolerir,” ujar Kabid Tata Ruang Dinas PU Konut, Mustaman, Rabu (12/4).

Namun, jika setelah tahun 2012 ada warga yang tetap membangun tanpa IMB, maka itu termasuk bangunan ilegal. “Kalau di kota-kota besar itu tidak ada toleransi. Yang membuat masyarakat membangun tanpa IMB itu karena minimnya kesadaran,” ujar pejabat bergelar doktor tersebut.
Mustaman menjelaskan, dalam Perda nomor 7 tahun 2012 ada beberapa kriteria bangunan yang bisa didirikan. Dengan melihat sempadan jalan, pantai maupun sungai. Tetapi khusus di Konut masyarakat tidak mempedulikan hal itu. Sehingga dampaknya, masyarakat sendiri yang merasakan efeknya saat terjadi banjir.

“Kalau seperti di Andowia minimal sempadannya itu 50 meter. Sudah keseringan banjir, tetapi itu tidak pernah diperhatikan masyarakat. Makanya itu perlu ada IMB,” sambungnya. Ia mengungkapkan, ternyata bukan hanya masyarakat umum yang membangun tanpa IMB. Sebab diketahui para pejabat di Konut maupun kalangan anggota DPRD juga disinyalir mendirikan bangunan tanpa izin. Makanya Mustaman menegaskan kurangnya kesadaran menjadi penyebab banyaknya bangunan liar. “Aturan ini sebenarnya harus ditegakkan. Tapi ini menjadi tanggungjawab Satpol PP yang harus melakukan penegakan Perda,” alasannya. (c/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top