Pelantikan Kada Terpilih Tunggu Arahan Presiden – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Nasional

Pelantikan Kada Terpilih Tunggu Arahan Presiden

kendaripos.fajar.co.id JAKARTA-Pelantikan kepala daerah terpilih yang diagendakan dua tahap, Juni dan Desember ternyata hanya pendapat kementerian dalam negeri (Kemendagri) saja. Sebab, keputusan akhir soal waktu dan mekanisme pelantikan menjadi kewenangan presiden. Hal itu diungkapkan Kepala Biro Hukum Kemendagri, Widodo Sigit Pudjianto.

“Setelah semua sengketa pilkada di MK tuntas, kami akan lapor ke presiden. Minta arahan soal mekansime pelantikan. Apakah sesuai dengan rencana semula digelar dua kali (Juni dan Desember,red) atau seperti apa,” ungkap Sigit, kemarin (11/4).

Menurut dia, bisa saja 101 daerah yang baru saja selesai pilkada, pelantikannya digelar serentak. Hanya soal waktunya, presiden yang putuskan. “Jelasnya, kami hanya menyiapkan dua agenda waktu pelantikan. Kalau presiden punya pemikiran lain, pasti kami ikut,” jelasnya.

Disinggung soal rencana pelantikan wali kota Kendari terpilih, menurutnya tetap sama dengan daerah lainnya. Menunggu akhir masa jabatan (AMJ) wali kota saat ini. Kalau berakhir Oktober, bisa saja dilantik Desember kalau jadwal yang disusun Mendagri disetujui presiden. “Tapi kalau tidak, bisa juga dilantik setelah selesai AMJ di Oktober itu,” katanya.

“Kalau molor berarti ada Plt. Pastinya nanti dilihat teknisnya seperti apa setelah ada pengarahan dari presiden,” katanya. Begitu juga dengan daerah otonomi baru (DOB). Menurut dia bisa saja bulan Juni atau bahkan mungkin dipercepat. “Sekali lagi, semua tergantung presiden,” ujarnya.

Seperti diketahui, ada tiga DOB di Sultra yang baru saja selesai pilkada, yakni Muna Barat, Buton Tengah dan Buton Selatan. Tiga daerah itu sudah punya kepala daerah terpilih. Hanya karena masih menunggu jadwal pelantikan, sehingga masih dipimpin Pj bupati. Beda dengan Kolaka Utara dan Buton yang masih menunggu AMJ kepala daerah. (c/dan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top