Cegah Bencana, Nelayan Harus Mahir Kelola Informasi Cuaca – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Sulawesi Tenggara

Cegah Bencana, Nelayan Harus Mahir Kelola Informasi Cuaca

kendaripos.fajar.co.id — Nelayan di Sultra perlu mengetahui anomali cuaca yang berpotensi menimbulkan situasi ekstrim sehingga dapat menghindari korban di laut. Hal itulah yang menginspirasi Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meterologi Maritim Kendari menggelar Sekolah Lapang Iklim Nelayan (SLIN) Sultra bersama penyuluh lapangan perikanan, Senin (10/4) malam. Nelayan harus diberi pengetahuan terkait informasi cuaca dalam sehari atau sejam sebelum terjadi badai. Mereka harus mahir mengelola informasi sebelum melaut.

Kepala Stasiun Meterologi Maritim Kendari, Addi Setiadi mengatakan saat ini stasiun Kendari diberi amanah oleh BMKG pusat untuk memberikan informasi kepada nelayah di Sultra. Sebab, perairan Sultra ini berhubungan dengan beberapa perairan seperti Perairan Teluk Kendari, perairan Kendari-Menui, kepulauan Banggai, Kepulauan Sula, Wakatobi, Baubau dan Laut Banda Timur. “Disinyalir juga setiap harinya kondisi gelombang dan cuaca senantiasa berubah-ubah,” ujar Addi Setiadi, kemarin.

Nah, melalui sekolah lapang ini akan analisis untuk diberikan informasi kepada stakeholder maupun nelayan. Dengan begitu, sebelum melaut, nelayan dapat mempertimbangkan kondisi cuaca. “Jadi kita beri informasi lebih awal. Sehingga, nelayan dapat memutuskan mau melaut atau tidak,” tambahnya.

Sementara, Kepala Bidang Informasi Meteorologi Maritim BMKG Pusat, Agus Wahyu Raharjo mengatakan dalam sembilan nawacita Presiden Joko Widodo bahwa Indonesia harus mandiri termasuk ketahanan pangan dan kelautan. “Nah, nelayan itu bagian dari upaya mewujudkan ketahanan kelautan. Dan BMKG saat ini mengembangkan modelnya dengan informasi yang lebih akurat untuk digunakan nelaya lebih aman, efektif dan efisien,” tukas Agus Wahyu Raharjo.

Saat ini, BMKG juga dapat diketahui model arah kecepatan angin, tinggi gelombamg maksimum dan rendah, arus dan kecepatanya dari berbagai kedalaman. (p11/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top