Selain Wakatobi, Ini Daerah yang Mendapat Perhatian Khusus Jokowi di Sultra – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Selain Wakatobi, Ini Daerah yang Mendapat Perhatian Khusus Jokowi di Sultra

Gubernur Sultra ketika bertemu Presiden Jokowi dalam rapat kabinet di Jakarta, Senin (10/4).

kendaripos.fajar.co.id — Pemaparan Gubernur Sultra, Nur Alam tentang potensi yang ada di ‘Bumi Anoa’ khususnya pariwisata Wakatobi di istana negara, kemarin (10/4), membuat Presiden Joko Widodo tertarik. Menurut dia, keindahan alam laut Wakatobi bisa dikembangkan menjadi sebuah magnet yang sangat kuat untuk menarik kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara. “Wakatobi ini sangat istimewa. Makanya, harus dioptimalkan berbagai sarana pendukungnya,” kata Jokowi dalam rapat terbatas yang dihadiri Gubernur Sultra, Nur Alam di Istana Negara, kemarin (10/4).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta menteri terkait supaya menyeriusi persoalan ini. Terutama untuk mempercepat pengembangan Wakatobi sebagai kawasan strategis pariwisata nasional. Dengan cara memperlancar akses transportasi dan konektivitas serta pembangunan infrastruktur pendukung. “Semua ini bisa mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Sultra,” jelasnya.

Selain Wakatobi, hal lain yang juga disinggung presiden adalah pembangunan infrastruktur. Dia minta supaya pembangunan infrastruktur pendukung sektor pertanian, seperti Bendungan Ladongi, Bendungan Pelosika beserta irigasinya dipercepat. “Saya ingin, semua sektor, baik pertanian, kehutanan, kelautan maupun sektor pertambangan bisa memberikan nilai tambah bagi masyarakat Sultra. Makanya, menteri terkait harus perhatikan hal ini,” pesannya.

Nah, supaya maksimal lagi, lanjut dia, perlu ditopang dengan industri pengolahan. Sejauh ini, industri pengolahan memang baru berikan kontribusi 6,1 persen secara nasional. Tapi kalau diseriusi bisa  makin meningkat. Untuk itu, presiden memerintahkan perlu langkah-langkah terobosan dengan pengembangan kawasan -kawasan industri, seperti kawasan industri Konawe yang dirancang terintegrasi dan bisa terhubung dengan pelabuhan. “Pembangunan industri di Konawe juga harus diperhatikan,” ujarnya.

1 of 4

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top