Pelunasan Biaya Haji Tahap Pertama Dimulai. Nih Penjelasannya… – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Metro Kendari

Pelunasan Biaya Haji Tahap Pertama Dimulai. Nih Penjelasannya…

kendaripos.fajar.co.id KENDARI– Para jemaah calon haji (JCH) tahun ini sudah bisa melakukan pelunasan di bank-bank syariah terdekat sesuai dengan rekening tabungan. Itu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama No. 197 Tahun 2017 tentang Pembayaran Biaya Jamaah Haji Reguler. SK itu dilengkapi juga dengan petunjuk teknis (Juknis) tentang pelaksanaan haji tahun ini. Kedua dasar hukum itu sudah diterima oleh Kementerian Agama masing-masing kabupaten/kota di Sultra untuk ditindaklanjuti.

Kepala Seksi Haji dan Umrah Kementerian Agama Kota Kendari, H. Sunardin mengatakan pihaknya sudah menerima SK dan juknis yang ditandatangani oleh Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin itu sejak akhir pekan lalu. Dalam SK itu, pelunasan biaya haji tahap pertama dimulai pada 10 April hingga 5 Mei.

Sementara tahap kedua dimulai 22 Mei sampai 22 Juni 2017. “Mulai hari ini (kemarin-red) sudah ada yang datang membayar karena sudah kami umumkan sejak Minggu saat manasik di Masjid Agkung Al Kautsar. Jumlahnya sudah 60 orang,” ujar Sunardin di ruang kerjanya, Senin (10/4) kemarin.

Pelunasan tahap pertama itu diperuntukan seluruh jemaah calonj haji baik kuota reguler maupun cadangan. Yakni 2.012 orang nomor kursi reguler dan 102 orang nomor kursi cadangan sebagai pengganti calon haji reguler yang berhalangan berangkat tahun ini. “Saya sampaikan bahwa nomor kursi cadangam dari nomor 22.924 – 23032 itu juga sudah harus melunasi,” kata Sunardin.

Menurutnya, pelunasan tahap dua yang dimulai 22 Mei diperuntukan bagi lansia yang telah berumur 75 tahun dan terdaftar pada tahun 2014, jemaah calon haji di luar daerah yang tak terkoneksi jaringan dan bank serta mereka yang diberikan kebijaksanaan penggabungan keluarga. Kemudian, bagi jemaah reguler yang gagal sistem pada pelunasan tahap pertama. “Misalnya, saat melunasi tahap pertama itu ada gangguan jaringan di bank itu bisa melapor supaya bisa dilayani ditahap dua,” terangnya.

Untuk diketahui DPR RI dan pemerintah telah menyepakati Biaya Penyelengaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 1438 H/2017 M sebesar Rp 34.890.312. Namun BPIH setiap daerah bervariasi berdasarkan zona embarkasi. Sultra yang masuk di zona III embarkasi Makassar maka BPIH tahun ini sebesar Rp 38.972.250. Sedangkan BPIH tahun lalu sebesar Rp 38.555.500.

Sementara jumlah jemaah haji yang akan diberangkatkan di tanah suci sebanyak 2.012 orang ditambah 14 pendamping. “Kami berharap semua yang mengetahui informasi pelunasan ini bisa bergerak cepat supaya bisa fokus ke tahapan lain,” imbuhnya. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top