Komputer Rusak, Ujian Nasional di SMA 9 Kendari Nyaris Terhambat – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

Komputer Rusak, Ujian Nasional di SMA 9 Kendari Nyaris Terhambat

kendaripos.fajar.co.id — Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA dimulai kemarin. Hanya saja hal itu tidak berjalan mulus. Misalnya UNBK di SMAN 9 di Kendari sempat terganggu lantaran tiga komputer bermasalah. Itu terjadi sebelum proses ujian dimulai. Panitia UNBK sigap dan segera mengganti dengan komputer cadangan sehingga UNBK kembali berjalan. Kendati begitu, secara umum pelaksanaan UN baik UNBK maupun UNKP di Kota Kendari berjalan lancar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Damsid mengatakan gangguan tersebut tidak berlangsung lama sebab langsung diatasi dengan melakukan penggantian komputer, sehingga tidak sampai menghambat jalannya UNBK. “Sebelumnya, kami sudah meminta kepada seluruh sekolah pelaksana UNBK, untuk menyiapkan antisipasi dalam pelaksanaan ujian digital ini. Apalagi masih banyak sekolah yang baru melaksanakannya. SMAN 9 Kendari punya komputer cadangan dan genset. Itu untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti masalah komputer yang terjadi,” ujar Damsid saat memantau UNBK di SMAN 9 Kendari, Senin (10/4) kemarin.

Ia juga menjelaskan, hari pertama Ujian Nasional (UN), berlangsung dengan satu pelajaran, Bahasa Indonesia terdiri dari 50 butir soal pilihan ganda yang diujikan. UNBK berlangsung tiga sesi. Sesi pertama mulai 07.30 hingga 09.30 wita, sesi kedua mulai pukul 10.00 sampai 12.30 wita, sesi terakhir mulai pukul 14.00 sampai 16.00 wita. Sedangkan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP), mulai berlangsung pukul 10.30 wita.

Dia meminta semua pihak yang terlibat dalam UN bekerja profesional. Utamanya pelaksana UNKP agar jangan ada pihak yang berbuat curang apalagi membantu siswa dalam mengerjakan soal. “Untuk sementara belum ada laporan adanya masalah dalam pelaksanaan UN, baik dalam kota maupun di kabupaten-kabupaten lainnya. Pokoknya, dihari pertama ini semua berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan. Walaupun ada sedikit dinamika di SMAN 9 Kendari, tetapi tidak mengakibatkan gangguan pelaksanaan UN,” kata Damsid.

Mantan Dekan Fisip UHO itu mengimbau seluruh peserta didik agar tetap fokus dalam mengerjakan soal ujian. Tidak perlu mengharapkan bantuan dari guru atau orang lain. “Dengan menunggu bantuan justru membuat mereka tidak bisa mengisi dengan baik. Selain itu, akan kehabisan waktu karena setiap soal sudah diberi batasan waktu,” imbuhnya.

1 of 2

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top