Kelola Anggaran Besar, Kades Rentan Sorotan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Bombana

Kelola Anggaran Besar, Kades Rentan Sorotan

kendaripos.fajar.co.id RUMBIA- Dana desa yang digelontorkan pemerintah di desa terus bertambah setiap tahun. Khusus di Kabupaten Bombana misalnya, setiap desa sampai mengelola anggaran mulai dari Rp 800 juta hingga Rp 1 miliar lebih. Banyaknya dana yang dikucurkan di desa, tidak hanya membuat jabatan kepala desa menjadi rebutan di masyarakat. Posisi merekapun kerap menjadi sorotan semua elemen di daerah.

BACA JUGA :  Bahaya.... Dana Desa Ternyata Mengendap di Rekening Bupati

Fakta itu disampaikan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Bombana, Burhanuddin A. HS Noy, saat memberi arahan pada seluruh kepala desa dan camat, di Kasipute, akhir pekan lalu. “Tidak bisa dipungkiri, dana Desa ini menjadi sorotan semua elemen. Mulai dari masyarakat, LSM, hingga pejabat publik dan aparat penegak hukum. Ini karena dana desa yang berjumlah miliaran rupiah diturunkan dan terkadang banyak disalahgunakan oknum-oknum kepala desa itu sendiri,” kata Burhanuddin.

BACA JUGA :  Kakanwil Ditjen Perbendaharaan : Rugi Kalau Kades Tidak Ikut Seminar DD Kendari Pos

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Sultra ini menambahkan, semua sorotan tersebut tidak salah. Karena semua pihak memang bisa mengawasi pengelolaan dana desa, baik yang diturunkan pemerintah kabupaten maupun pusat.

Makanya, agar terhindar dari semua sorotan tersebut, dalam menggunakan anggaran, kepala desa harus merujuk pada tata kelola anggaran yang baik. Mulai dari perencanaan sampai pelaporan yang matang, serta bekerja sesuai standar operasional yang ada. “Jika ini sudah diterapkan, kami jamin kepala desa akan terlepas dari berbagai temuan, masalah serta sorotan,” tandas Burhanuddin. (c/nur)

BACA JUGA :  Tahun Depan, Dana Desa tak Masuk Lewat Pemda

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top