Kini Nelayan Pun Dijamin Asuransi. Simak Nih…. – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Sulawesi Tenggara

Kini Nelayan Pun Dijamin Asuransi. Simak Nih….

kendaripos.fajar.co.id KENDARI–  Setiap pekerjaan tentu punya risiko. Begitupula menjadi nelayan. Risiko kecelakaan hingga berujung kehilangan nyawa selalu mengintai. Tingginya risiko kecelakaan laut, Pemerintah Kota Kendari membidik dua ribu dari enam ribu nelayan untuk masuk dalam program asuransi. Para nelayan disiapkan kartu nelayan yang sifatnya multifungsi.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Kendari, Agus Salim Safrullah mengatakan saat ini jumlah nelayan yang sudah memiliki kartu baru mencapai 1.432 dari target dua ribu. “Sebenarnya jumlah nelayan sesuai data DKP Kota Kendari sebanyak enam ribuan. Tetapi banyak yang tidak aktif melaut. Jadi target kita dua ribu nelayan saja untuk kartu nelayan ini,” ujar Agus Salim Safrullah di ruang kerjanya, akhir pekan lalu.

DKP Kota Kendari terus mendorong agar nelayan punya kartu sebagai syarat asuransi yang bisa diklaim jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan. Berbekal asuransi tersebut, nelayan akan mendapat jaminan dari pemerintah yang berkerja sama dengan lembaga asuransi.

“Kartu nelayan itu multifungsi. Jika terjadi apa-apa, bisa berfungsi sebagai asuransi. Jadi penting untuk dimiliki para nelayan kita,” tukas Agus Salim Safrullah. Dengan asuransi itu, para nelayan dapat mengklaim untuk mendapatkan penjaminan dirinya jika terjadi kecelakaan baik di laut maupun di darat. Agus menambahkan, selain berfungsi sebagai asuransi, kartu nelayan juga digunakan sebagai penanda identitas nelayan.

Nantinya akan berkorelasi dengan penyaluran bantuan pemerintah kepada para nelayan. Salah satu keistimewaan pemegang kartu nelayan juga adalah akan menjadi prioritas bagi pemerintah dalam memberikan bantuan. “Selain syarat mengusulkan bantuan, kartu itu juga mempermudah pemerintah dalam memverifikasi penerima bantuan”, tambah Agus.

Sementara proses pengurusan kartu nelayan tersebut dapat dilakukan di kantor DKP Kota Kendari. Nelayan cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan surat keterangan berprofesi nelayan dari pemerintah kelurahan setempat. “Cukup isi formulir dan kami akan verifikasi. Yang penting usianya tidak lebih 65 tahun,” tandasnya. (p12/b)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top