Didominasi Pengendara Mabuk, Tiga Bulan 90 Korban Lakalantas di Konawe – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe

Didominasi Pengendara Mabuk, Tiga Bulan 90 Korban Lakalantas di Konawe

Ilustrasi

kendaripos.fajar.co.id — Angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di Konawe cukup tinggi. Dalam tiga bulan terakhir, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Konawe mencatat 50 kasus lakalantas. Umumnya, lakalantas disebabkan pengendara mabuk. Penyebab lainnya, kendaraannya sudah tidak layak pakai, pengendara melaju kecepatan tinggi dan faktor kelalaian. “Berkendara dalam keadaan mabuk sangat mendominasi Lakalantas, hingga 48 persen,” ujar AKP Jumiran, Kasat Lantas Polres Konawe.

Dari 50 kasus lakalantas itu, terdapat 90 korban. 18 orang meninggal dunia (MD), selebihnya luka berat dan luka ringan. AKP Jumiran merinci, pada Januari terjadi 20 Lakalantas. Jumlah korban 40 orang, 12 orang diantaranya meninggal dunia (MD), dua orang luka berat dan 26 orang luka ringan.

Februari terjadi 14 lakalantas, 22 orang korban. Tiga orang meninggal dunia, satu orang luka berat dan 18 luka ringan. “Nah, Maret lalu angka Lakalantas sekira 16 kasus, dengan jumlah korban sebanyak 28 orang. Tiga orang meninggal dunia, tiga orang luka berat dan 22 orang luka ringan,” rinci AKP Jumiran.
Lakalantas pada umumnya terjadi pada malam hari. Lanjut dia, mayoritas korban lakalantas adalah kalangan anak muda berumur lebih dari 20 tahun, sedangkan korban dari kalangan pelajar sangat sedikit. “Ya, kalau untuk pelajar, kami memang rutin melakukan sosialisasi baik kepada siswa, guru dan orang tua siswa, untuk menekan angka Lakalantas dari kalangan pelajar yang biasanya cukup tinggi,” jelasnya.

AKP Jumiran mengimbau, agar masyarakat tidak berkendara dalam keadaan mabuk. Selain itu, kelayakan pakai kendaraan perlu juga dipertimbangkan, seperti jangan menggunakan motor yang tidak ada lampunya pada malam hari. “Untuk para orang tua dan guru, kami minta bantuannya untuk membatasi ruang gerak anaknya yang masih pelajar atau muridnya bagi guru, sebab emosi mereka masih belum stabil,” pungkasnya. (hel/b)

Data Lakalantas Triwulan I Polres Konawe

1. Januari :
– 20 kasus
– 40 korban :
a. 12 orang Meninggal Dunia (MD)
b. 2 orang luka berat
c. 26 orang luka ringan.

2. Februari :
– 14 kasus
– 22 orang korban :
a. Tiga orang MD
b. Satu orang luka berat
c. 18 luka ringan

3. Maret
– 16 kasus
– 28 orang korban :
a. Tiga orang MD
b. Tiga orang luka berat
c. 22 orang luka ringan

Penyebab :
– Dominan pengendara mabuk (48 persen)
– Kelalaian
– Kendaraan tidak layak pakai

Sumber : Satlantas Polres Konawe

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top