Lukman Edy : Pansus Pemilu Akan Hilangkan Batas Selisih Suara di MK – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Politik

Lukman Edy : Pansus Pemilu Akan Hilangkan Batas Selisih Suara di MK

Lukman Edy

KENDARIPOS. CO. ID — Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu DPR RI sedang membahas sejumlah isu krusial dan strategis terkait RUU Pemilu. Nah salah satu hal yang menjadi perhatian serius terkait selisih suara yang menjadi patokan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam menyidangkan setiap gugatan yang diajukan paslon kalah. Hal tersebut diungkapkan langsung Ketua Pansus Pemilu, Muh Lukman Edy, yang ditemui usai melantik pengurus tenis meja Sultra, Sabtu (8/4) malam.

“Kita akan hilangkan batas selisih suara 1 sampai 2 persen yang disidangkan di MK. Tahun 2019 masalah ini akan dicabut. Terkait selisih hasil Pilkada semua persoalan harus disidangkan MK. Kita melihat ada ketidak adilan,” katanya

Untuk diketahui, UU No 10 tahun 2016 tentang Pilkada mengatur soal ambang batas persentasi gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Persentasi dihitung dari jumlah penduduk suatu daerah mulai dari 0,5 persen bagi penduduk lebih dari 12 juta. Lalu 1 persen penduduk 6-12 juta jiwa. Kemudian 1,5 persen penduduk 2-6 juta jiwa, dan 2 persen untuk penduduk 2 juta jiwa.

“Sekarang pansus pemilu sedang membahas semua ini tunggu saja hasilnya,” tutupnya. (yusuf)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top