Laut Kolut, Wilayah “Longgar” Praktik Bahan Peledak – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka Utara

Laut Kolut, Wilayah “Longgar” Praktik Bahan Peledak

Pembom ikan yang ditangkap akhir 2015 silam di perairan Sulaho oleh pihak DKP dan TNI. Foto : Muh Rusli/Kendari Pos

kendaripos.fajar.co.id–Nelayan Indonesia masih sulit melepaskan diri dari kebiasaan menggunakan bahan peledak saat melaut. Hasil lebih banyak jadi alasan. Dikejar aparat, kapal mereka lebih cepat. Data yang baru saja dirilis Pengelola, Pengawasan Sumber Daya Keluatan dan Perairan (P2SDKP), Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) tak sempat menyebut wilayah Kolaka Utara sebagai lahan subur aksi ileggal fishing. Padahal, daerah itu juga masih dipusingkan dengan kegiatan penangkapan ikan tak ramah lingkungan. Setahun terakhir ini saja, tak kurang dari 10 kali ledakan di laut terjadi. Rata-rata di Teluk Bone.

Laut Kolut memang agak istimewa. Bentang airnya ditaksir 5.000 kilo meter per segi yang memanjang dari utara berbatasan Kabupaten Luwu Utara (Lutim), Sulsel ke selatan menuju Kolaka dengan membelah perairan Teluk Bone. Bagi pelaku illegal fishing, wilayah ini cukuplah longgar untuk beraksi dan jauh dari pantauan petugas Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kolut.

Kendari Pos, akhir pekan lalu, ditemani seorang petugas DKP yang karena alasan tak ingin kena tegur atasan, ia meminta identitasnya tak usah ditulis. Pria ini hanya bercerita, ia sudah berkali-kali bersama tim meringkus para pelaku penangkap ikan dengan peledak. “Biasanya itu terjadi di Desa Kosali dan Lalume di Pakue, Lanipa di Pakue Tengah, Batu Toru di Kecamatan Wawo, hingga diluar wilayah perairan Desa Sulaho, Kecamatan Lasusua. Rata-rata mencari ikan di Teluk Bone,” katanya.

1 of 4

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top