Senin, Sengketa Pilkada Sultra Diputus MK – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Senin, Sengketa Pilkada Sultra Diputus MK

kendaripos.fajar.co.id KENDARI– Bagaimana nasib gugatan Pilkada dari Buton Tengah, Buton Selatan dan Kota Kendari yang masuk di Mahkamah Konstitusi? Semuanya akan terjawab pekan depan. MK sudah membuat jadwal sidang untuk tiga daerah itu akan digelar, Senin dan Selasa (3-4/4) nanti. Khusus Bombana, bersama tujuh daerah lain di Indonesia, hingga siang kemarin belum diagendakan.

Juru Bicara MK, Fajar Laksono mengatakan jadwal sidang putusan dismissal atau putusan sela telah diupdate melalui situs resmi MK, dan semua pihak yang berkepentingan bisa mengaksesnya. Jadwal pembacaan dismissal akan dilakukan pada 30 Maret hingga 5 April mendatang. “Itu untuk semua daerah di Indonesia. Kalau dari Sultra, silahkan cek di web MK. Semua sudah diupdate,” katanya, kemarin.

Yang jelas kata dia, MK telah menggelar rapat permusyawaratan hakim sebelum mengeluarkan putusan. Ada dua panel yang akan memutuskan hasil sidang pendahuluan,  di mana masing-masing panel terdapat empat hakim.

BACA JUGA :  KPU Kendari Yakin Gugatan Razak-Haris Kandas

Ia mengatakan MK berharap apapun yang menjadi putusan nanti semua pihak harus menerimanya. Karena dinilai berdasarkan keterangan semua pihak yang terlibat dalam sengketa Pilkada.

Komisioner KPU Sultra, Tina Dian Ekawati Taridala mengatakan jadwal yang dikeluarkan MK sudah diterima pihaknya. Selain itu, juga bisa diakses langsung melalui laman website KPU RI. “Hal itu yakni jadwal sidang lanjut atau tidaknya PHPkada Sultra itu bisa diakses pada website www.mahkamahkonstitusi.go.id,” katanya saat dihubungi via seluler di Jakarta, kemarin (30/4).

Dijelaskannya, untuk PHPkada Sultra, terlebih dahulu Buton Selatan yang akan digelar sidangnnya yakni Senin (3/4) jam 09:00 WIB dengan penggungatnya adalah pasangan calon, Muhammad Faisal-Wa Ode Hasnawati. Kemudian, Kota Kendari Selasa (4/4) sekira Jam 09. 00 WIB dengan penggugat Abdul Rasak-Haris Andi Surahman. Agenda Kota Kendari bersamaan dengan sidang Buton Tengah (4/4) dengan jadwal jam yang sama yakni jam 09.00 WIB.

BACA JUGA :  Sengketa Berlanjut, MK Agendakan Sidang Pilkada Bombana 13 April

Sementara itu, sengketa Pilkada Bombana belum terjadwal oleh MK RI. Kendati demikian, Menurut perempuan yang akrab disapa ibu Tina ini, ia tak mau berspekulasi apakah itu berarti akan lanjut atau ditolak, karena itu kewenangan MK. Ia hanya menyebut bila selain Bombana ada tujuh daerah lain yang belum ditentukan jadwalnya. “Saya tidak tahu juga mengapa demikian. Tapi, mungkin besok (hari ini, red) Insya keluar jadwalnya,” ungkapnya.

Anggota KPU lainnya, La Ode Abdul Natsir Muthalib menegaskan, seperti pada sengketa pilkada sebelumnya di MK, KPU selaku termohon selalu siap memberikan jawaban yang telah disusun dengan baik didampingi pengacara yang telah ditunjuk. Selain itu, juga akan memberikan bantahan dengan menujukan fakta/data berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku maka pada sidang pembacaan putusan nanti.

BACA JUGA :  Ribuan Pendukung Sambut ADP-Sul di Bandara Halu Oleo

“Tapi apapun keputusan MK bagi kami senantiasa akan menghormati dan menindaklanjuti. Saat ini kami sudah siap untuk menghadiri dan mendengarkan pembacaan putusan dimaksud,” katanya, kemarin. Khusus soal Bombana yang belum terjadwal, komisioner yang biasa disapa Ojo ini tak ingin berspekulasi soal alasan MK. Hanya saja, bila melihat tujuh daerah lain yang belum terjadwal, rata-rata selisih suaranya memenuhi ambang batas mengajukan sengketa.(p11/dan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top