Presiden Perancis Dukung Kerjasama Kota Kendari-La Rochelle – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Presiden Perancis Dukung Kerjasama Kota Kendari-La Rochelle

kendaripos.fajar.co.id KENDARI– Kunjungan Presiden Perancis, Francois Hollande di Indonesia menjadi berkah tersendiri bagi Pemkot Kendari. Usai kunjungan kenegaraan, Wali Kota La Rochelle, Jean Francois Fortaine yang menyertai lawatan Presiden Francois Hollande di Jakarta memilih berkunjung di Kota Kendari, Kamis (30/3).

Kunjungan Jean Francois Fortaine dan rombongan ke Kota Kendari untuk memenuhi undangan Wali Kota Kendari, Asrun sebagai kunjungan balasan. Jean mengatakan Presiden Perancis, Francois Hollande mengapresiasi dan mendukung Memorandum of Understanding (MoU) Pemkot La Rochelle dan Pemkot Kendari yang diteken Rabu (29/3) lalu di Jakarta.

“Ini adalah kerjasama strategis kedua kota, dan Bapak Presiden Francois Hollande mengapresiasi kerjasama yang terjalin bersama Kota Kendari di kawasan Asia. Tapi sayangnya, Bapak Presiden tidak sempat berkunjung ke Kendari,” ujar Jean Francois Fortaine, Wali Kota Laroche saat menyampaikan sambutan saat pertemuan dengan Pemkot Kendari, kemarin.

Item yang menjadi pokok kerjasama itu yakni pembangunan aquarium di kawasan Teluk Kendari, pengelolaan new port, pengelolaan air bersih dan penanganan banjir, pengembangan kemaritiman dan riset lingkungan hidup.
Wali Kota La Rochelle yang terpilih pada 2014 lalu itu mengungkapkan keseriusannya menjalin kerjasama dengan Pemkot Kendari. Bahkan, Jean mengaku sempat mengajak Presiden Perancis ke Kendari.

Masih kata Jean Francois Fortaine, langkah Kota Kendari menjalin kerjasama dengan Pemkot La Rochelle bertajuk “sister city” tersebut secara resmi di teken melalui Memorandum of Understanding (MoU) di Jakarta. Kerja sama tersebut merupakan terobosan yang dilakukan oleh Wali Kota Kendari yang telah digagas sejak 2011 lalu dalam rangka percepatan pembangunan Kota Kendari ini.

Kunjungan Wali Kota La Rochelle kemarin dalam rangka meninjau secara langsung kondisi Kota Kendari terutama untuk beberapa lokasi pembangunan yang masuk dalam rencana kerjasama. “Saya sangat kagum terhadap sambutan masyarakat Kendari. Terima kasih untuk keramahan dan penerimaan yang begitu luar biasa,” tutur Jean Francois Fortaine.

Dalam kunjungan tersebut, Jean membawa sembilan orang. Semuanya adalah ahli dibeberapa bidang yakni ahli bidang kemaritiman dan lingkungan hidup, ahli sumber daya air, ahli pelabuhan dan seorang pengelola aquarium di teluk La Rochelle. Mereka mempresentasikan konsep pembangunan yang ditawarkan ke Pemkot Kendari.
Terkait Kota Kendari sebagai pilihan untuk membangun kemitraan, Jean mengatakan bahwa awal mulanya adalah adanya kesamaan topografi kota yang mirip antara keduanya. “Mulanya kami bekerjasama dengan Kampus UHO, kemudian berlanjut ke Pemkot Kendari”, katanya.

Wali Kota Kendari, Asrun mengaku bangga atas apresiasi dan dukungan penuh Presiden Perancis atas kerjasama kedua kota beda negara itu. Apalagi Presiden Perancis menyaksikan langsung proses penandatanganan MoU antara Asrun dan Jean Francois Fortaine di Jakarta. “Saya sangat bangga karena saat penandatanganan disaksikan secara langsung oleh Bapak Presiden Perancis. Ini merupakan suatu kehormatan bagi Pemkot dan warga Kota Kendari,” ujar Asrun di hadapan rombongan Pemkot La Rochelle.

Asrun menambahkan Pemkot Kendari akan menindaklanjuti kerjasama tersebut. “Kerjasama ini saling menguntungkan. Semoga memberi dampak signifikan pada pembangunan Kota Kendari,” tutup Asrun. (p12/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top