SMK Gelar Ujian Nasional Lebih Awal – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

SMK Gelar Ujian Nasional Lebih Awal

Suasana try out di SMKN 1 Kendari, beberapa waktu lalu. FOTO: Waode Ismawati/Kendari Pos

kendaripos.fajar.co.id, Kendari — Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Drs. H. Damsid, M.Si., menyampaikan bahwa penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tahun 2017 memiliki sejumlah perbedaan dari pelaksanaan sebelumnya. Salah satunya, jadwal pelaksanaan UN antara SMK dan SMA berbeda. UN SMK lebih awal digelar, yakni mulai 3 s/d 6 April, sementara jadwal ujian SMA dimulai pada 10 hingga 13 April mendatang.

“Perbedaan lainnya adalah soal-soal UN tidak lagi menjadi dokumen negara sehingga tak lagi diamankan di kantor polisi. Namun pemerintah lebih memberi kepercayaan pada satuan pendidikan untuk menjaga kerahasiaannya,” ungkap Damsid.

Dia juga menyampaikan, soal-soal UN mulai didistribusi pada Sabtu (1/4) di seluruh kabupaten/kota Sultra. Naskahnya akan langsung diserahkan pada masing-masing satuan pendidikan, pihak polisi hanya mengawal pengantarannya saja.

Seluruh SMK di Sultra sudah siap menggelar UN pada pekan depan, baik Ujian Nasional berbasis Kertas Pensil (UNKP) maupun Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Keduanya telah dipersiapkan dengan baik sehingga saat pelaksanaan diharapkan berjalan dengan lancar.

“Kalau UNBK saya rasa kendalanya terdapat diteknis saja. Misalnya, listrik, jaringan maupun yang lain, namun segala upaya kita sudah lakukan untuk mengantisipasi masalah itu. Diantaranya, masing-masing satuan pendidikan menyiapkan genset sebagai antisipasi padam listrik,” terangnya.

Mantan Dekan Fisip UHO ini, berharap UN benar-benar bisa mengukur tingkat kualitas dan integritas dari penyelenggaraan pendidikan di Sultra. “Demikian juga dengan hasilnya, kita harapkan harapkan lebih meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. UNBK maupun UNKP sudah dipersiapkan dengan baik. Mudah-mudahan pada saat penyelenggaraan, tak lagi ditemukan masalah yang dapat mengahambat jalannya ujian,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 2 Kendari melalui Ketua Panitia UN, Abdul Fatwah menuturkan, ada beberapa perbedaan yang menonjol pada UN kali ini. Selain jadwal, hadir juga Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

“SMK memang lebih awal dari pada SMA tidak lagi serentak. Kemdian, jam UNBK dan UNKP juga berbeda walaupun dihari yang sama. Biasanya, UN dimulai pukul 7.30 Wita, sekarang UNKP dimulai 10.30 Wita hingga 12.30 Wita, sedangkan UNBK dibagi 3 sesi yaitu pagi, siang dan menjelang sore hari,” bebernya.

UN merupakan kegiatan tahunan jadi kesiapan secara umum sudah benar-benar matang. Dari 376 jumlah pesertanya, dibagi dalam 19 ruangan ditambah 2 ruangan bagi sekolah gabungan.

“Total ruangan UN yang kita pake ada 21.  Saat ini, soal masih berada di Dikbud Provinsi, Sabtu (1/4)  mulai disebar pada masing-masing satuan pendidikan. Kami pun punya harapan yang sama dengan sekolah lain, siswa bisa lulus seratus persen,” pungkas Abdul. (p19/b)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top