Pemkot Poles TPA Puuwatu Jadi Destinasi Wisata – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Pemkot Poles TPA Puuwatu Jadi Destinasi Wisata

kendaripos.fajar.co.id, Kendari — Wali Kota Kendari, Asrun seakan tak pernah kehabisan ide untuk menata dan membangun Kota Kendari. Disisa masa jabatannya di periode kedua, Asrun tak hanya fokus membangun infrastruktur tata kota, tetapi juga menata aspek kepariwisataan.

Setelah Jembatan Kuning yang akan dijadikan ikon kota, kini Pemkot tengah memoles area wisata menarik. Warga Kota Kendari akan dapat berwisata ditempat sampah.

Warga mungkin merasa aneh mendengar wisata disekitar Tempat Pembuangan Sampah (TPA) tapi tidak bagi Pemkot Kendari. Dalam waktu dekat akan diresmikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Puwatu. Meski bersatatus tempat ‘sampah’, namun tempat tersebut kini telah tampil cantik dan mempesona.

BACA JUGA :  Tempat Wisata untuk Honeymoon, Bali Salah Satu yang Terbaik di Dunia

Ditempat itu, puluhan unit rumah yang dibangun Pemkot dipoles dengan aneka warna. Praktis, kawasan tersebut tampil cantik dan menarik.     Upaya tersebut dilakukan untuk menjadikan TPA sebagai destinasi wisata kota. Pemerintah menggagas TPA terbaik nasional itu menjadi kampung kreatif. “Kampung ini akan saya jadikan kampung kreatif. Dikasih warna-warni, kurang lebih mirip yang di Malang dan Brazil,” ujar Asrun, Rabu (29/3) kemarin.

BACA JUGA :  Tips Hilangkan Stres Saat Traveling

Lebih lanjut, Asrun mengatakan rumah yang dibangun sejak 2015 lalu itu belum semuanya rampung di cat warna-warni. Untuk penempatan penghuninya baru akan dilakukan Mei nanti. “Beberapa belum sempat diwarnai, jadi nanti sepulang dari Jakarta baru kita akan tuntaskan yang tersisa 70 unit itu,” ungkap Ketua PAN Kota Kendari itu.

Puluhan rumah itu nantinya akan dihuni para pemulung. Terutama bagi mereka yang tidak punya rumah ataupun bermukim ditanah milik Pemkot. “Siapa yang berhak menempati 70 unit rumah baru tersebut, kita akan melakukan data dulu bersama dinas terkait,” imbuhnya.

BACA JUGA :  April Mop PT KAI Promo ''April Holiday"

TPA tersebut kata Asrun hanya akan menjadi pilot project untuk kampung kreatif. Sasaran sebenarnya yakni semua kelurahan yang ada di metro ini. Parah lurah dituntut mendesain lingkungannya masing-masing. “Kita berharap semua kelurahan harus kreatif, Puuwatu ini kita prioritaskan karena sering dikunjungi daerah lain. Kita jadikan percontohan dulu untuk yang lain. Dengan mengemas rumah warna-warni disekitar TPA, masyarakat tidak alergi dengan kawasan TPA, tetapi berbalik menjadi tempat rekreasi,” tutupnya. (p12/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top