Blangko e-KTP Kosong, Disdukcapil Ganti Pakai Suket – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Blangko e-KTP Kosong, Disdukcapil Ganti Pakai Suket

kendaripos.fajar.co.id KENDARI– Sejak server perekaman data kependudukan dihentikan sementara Kemendagri dan tidak adanya stok blangko e-KTP, Disdukcapil menyiasati dengan menerbitkan surat keterangan (Suket). Suket itu sebagai pengganti sementara e-KTP.

Sejauh ini, Disdukcapil sudah menerbitkan 4.974 lembar suket yang kini beredar di masyarakat. Suket tersebut digunakan warga untuk segala keperluan pengurusan administrasi. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kendari, Muhammad Rizal mengatakan status suket sama dengan e-KTP.

“Itu sesuai dengan surat edaran Kemendagri bahwa memang suket digunakan untuk pelayanan publik,” ujar Muhammad Rizal, kemarin. Disdukcapil Kota Kendari pun sudah mengeluarkan surat edaran kepada instansi pelayanan publik bahwa status suket sebagai pengganti KTP warga. “Pemegang suket harus dilayani,” tegasnya.

Kepala Bidang Data dan Pelaporan Disdukcapil Kota Kendari, Hj. Suhriah menambahkan ribuan suket sudah dikeluarkan. “Total untuk periode Oktober 2016 hingga 4 Januari 2017, sudah ada 4.974 Suket e-KTP yang diterbitkan,” ujarnya.

Suhriah juga mengungkapkan bahwa pengeluaran Suket sempat dihentikan sejak awal Januari. Hal tersebut menyusul edaran dari Wali Kota Kendari terkait Pilkada untuk menghindari pengeluaran suket yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Namun dengan aktifnya kembali jaringan server Disdukcapil yang terkoneksi ke Kemendagri, Suhriah menjelaskan bahwa bagi warga yang memiliki suket agar segera melakukan perekaman dan mengganti kartu identitasnya dengan suket yang memiliki kode batang (barcode). “Sebab suket sementara itu hanya berlaku satu bulan,” tukasnya.

Suhriah menjelaskan bahwa, penting bagi warga segera memiliki surat keterangan yang menggunakan barcode sebagai bukti datanya telah terekam diserver. Masa berlaku suket barcode itu sampai adanya blangko e-KTP. Selang waktu tersebut, suket tetap berlaku sama denga e-KTP yang sah. “Kalau blangkonya sudah ada, warga yang memegang suket dengan barcode datang ke Disdukcapil dengan membawa suket masing-masing, nanti disini akan diganti,” pungkasnya. (p12/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top