Menghawatirkan, 827 Warga Kota Kendari Idap Penyakit Menular – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Menghawatirkan, 827 Warga Kota Kendari Idap Penyakit Menular

Kota Kendari Peringati Hari Tuberkulosis. Foto : Kendari Pos

kendaripos.fajar.co.id — Ketua Aisyiyah Kota Kendari, Nurlina Nusu menyebutkan sekira 827 warga metro positif idap penyakit menular jenis Tuberkulosis (TB). Hal itu diungkapkan dalam menyambut hari TB sedunia, Minggu (26/3) yang dirangkaikan dengan senam jantung sehat bersama Wakil Wali Kota Kendari, Musadar Mappasomba.

Nurlina menyebutkan Indonesia adalah urutan kedua dunia penderita TB, dan setiap tahunnya penderita TB selalu bertambah. Untuk Kota Kendari saja ditahun 2016 ada 1.510 terduga penderita TB. Setelah dilakukan pemeriksaan, terdapat sekira 827 warga positif idap TB.

BACA JUGA :  Ini Makanan yang Mampu Tangkal Tuberkulosis

Jumlah itu terus bertambah dari tahun sebelumnya karena penularannya sangat mudah melalui udara. “Kenapa terus bertambah penderita TB, karena penularannya sangat cepat dan mudah, tidak seperti HIV AIDS, penularannya sangat sulit,” ujarnya disela-selaa peringatan hari TB di Taman Kota.

Wakil Wali Kota Kendari, Musadar Mappasomba mengatakan seluruh stekholder baik pemerintah dan masyarakat harus ikut berperan dalam penanganan TB. Karena TB adalah penyakit yang sangat berbahaya dan menular. Olehnya itu, selain Aisyiyah seluruh pihak juga harus terlibat dalam penanganan TB. “Kalau sakit asam urat, yang merasakan dan berdampak hanya pada individu saja, tetapi kalau TB berdampak kepada lingkungan sekitarnya karena sangat menular. Olehnya itu, pengidap harus segera laporkan ke dinas kesehatan atau Puskesmas,” ujar Musadar Mappasomba.

BACA JUGA :  Waduh....Kabupaten ini Diserang Wabah TBC

Dia mengimbau, pengidap TB jangan takut atau malu beriobat ke rumah sakit atau Puskesmas karena pemerintah berkomitmen menggratiskan pengobatan. Penderita TB juga memang harus intens perawatan dan berobat. “Untuk pengobatan tentunya butuh proses, tapi harus intens,” tutupnya. (kmr/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top