KPK Telusuri Rekam Jejak Calrek UHO, Pemilihan Ditunda – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Sulawesi Tenggara

KPK Telusuri Rekam Jejak Calrek UHO, Pemilihan Ditunda

kendaripos.fajar.co.id KENDARI– Pemilihan rektor Universitas Halu Oleo (UHO) ditunda lagi. Rencana awal pencarian orang nomor satu di kampus terbesar di Sultra bakal digelar, besok (23/3). Namun belakangan muncul surat dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) nomor 1358/A.A2/KP/2017, tentang penundaan pilrek.

Ketua Panitia Pilrek UHO, Prof Hilalludin Hanafi membenarkan penundaan pelaksanaan pemilihan rektor tahap kedua. Penundaan tersebut resmi atas permintaan dari Kemenristek Dikti terkait dengan penelusuran rekam jejak. “Melalui surat yang dikirim, pihak Kementerian meminta pelaksanaan sidang senat UHO dengan agenda pilrek ditunda, sampai selesai proses penelusuran rekam jejak calon rektor oleh KPK dan PPATK,” kata Prof Hilalludin saat dihubungi semalam (21/3).

Ia menjelaskan, penelusuran rekam jejak calrek oleh Kemenristekdikti menggandeng dua lembaga tinggi negara. Yakni Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Penelusuran rekam jejak itu tidak lain untuk menjadi dasar bagi menteri dalam menentukan penyaluran hak suaranya . “Informasinya seperti itu,” ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, belum mengetahui kepastian waktu pelaksanaan Pilrek. Karena semuanya menristekdikti yang menentukan. “Sejak awal kami sudah mengatakan bahwa, proses pilrek tahap kedua tidak dapat dipastikan. Pasalnya, semua tergantung dari kesediaan menteri. Kami hanya mengusulkan agar pemilihan tahap kedua digelar pada 23 Maret 2017,” imbuhnya.

Sebelumnya, agenda pilrek juga sempat beberapa kali ditunda. Namun, pekan lalu sukses digelar dengan menjaring tiga calon. Mereka adalah Dr Muh Zamrun, Prof Buyung Sarita dan Prof La Sara.
(b/yog)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top