Baznas Kota Kendari Salurkan Rp 184 Juta Zakat PNS – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Baznas Kota Kendari Salurkan Rp 184 Juta Zakat PNS

kendaripos.fajar.co.id KENDARI– Badan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Kendari mendistribusi Rp 184 juta dana yang dikumpulkan dari zakat profesi hasil potongan gaji PNS lingkup Pemkot Kendari. Dana umat yang dikumpulkan, dibagikan setiap triwulan.

Untuk triwulan I tahun 2017, dana Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) sebanyak Rp 184 juta dibagikan kepada orang yang berhak. Yakni bantuan beasiswa miskin penghafal Al Quran, bantuan untuk fakir miskin, bantuan khitanan massal keluarga miskin, bantuan guru baca tulis Quran dan imam masjid, bantuan pengobatan pasien kusta dan dana operasional amil zakat.

Ratusan warga kurang mampu di Kota Kendari mendapat manfaat dari dana zakat, infaq dan sedekah tersebut. Seremoni penyerahan dana tersebut dilakukan Ketua Baznas Kota Kendari, Musadar Mappasomba di aula Bertakwa Pemkot Kendari, Selasa (21/3) kemarin.

Musadar Mappasomba yakin tidak akan ada lagi warga yang tidak mampu di Kota Kendari ini jika seluruh PNS lingkup Pemkot Kendari sadar akan kewajiban menunaikan zakat profesi. “Potensi zakat kita ini cukup besar, mencapai miliaran. Tapi itu kalau semuanya bayar zakat. Bisa kita bayangkan dengan uang sebanyak itu maka banyak fakir miskin yang bisa terbantu,” ungkap Musadar.

Wakil Wali Kota Kendari itu mengingatkan kedudukan zakat dalam ajaran agama Islam adalah sama dengan kewajiban salat lima waktu sehari. Menurutnya, sebagai umat muslim harus menunaikan zakat sebagai bentuk ketaatan beragama. “Utamanya PNS yang muslim, maka wajib berzakat sesuai perintah Allah SWT. Itulah mengapa ayatnya selalu berbunyi, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat,” tambahnya.

Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kendari itu berharap zakat yang disalurkan bisa bermanfaat bagi penerimanya. “Kalau lihat jumlahnya jelas tidak mungkin cukup untuk memenuhi kebutuhan, tetapi semoga bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan prioritas. Saya merindukan mereka yang menerima zakat ini bisa menjadi penyalur zakat di tahun-tahun mendatang,” tambahnya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Pemkot Kendari, Abdul Rauf mengatakan dana ZIS yang terkumpul tahap pertama tahun ini sedikit menurun dibanding penerimaan pada periode sebelumnya (September-November 2016). “Periode sebelumnya kita dapat Rp.258 Juta, pada periode ini hanya terkumpul sekira Rp.184 juta,” ujar Abdul Rauf. (p12/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top