5.465 Siswa di Kota Kendari Ikut USBN – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

5.465 Siswa di Kota Kendari Ikut USBN

kendaripos.fajar.co.id KENDARi– Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk jenjang pendidikan SMA dan SMK dimulai Senin (20/3) kemarin. Di Kota Kendari tercatat 34 sekolah menggelar USBN. Rinciannya, 25 SMA dan 19 SMK baik negeri maupun swasta. Sebanyak 5.465 siswa SMA dan SMK ikut USBN di Kota Kendari. Sebanyak 3.778 peserta mengikuti USBN SMA dan sekira 1.687 peserta USBN untuk jenjang SMK.

Ketua Musyawarah Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Kendari, Ruslan, M.Pd menyebutkan sebanyak 3.778 peserta USBN. USBN SMA berlangsung selama empat hari, mulai 20 hingga 23 Maret dengan enam mata pelajaran (mapel) yang diujikan, yakni Agama dan Budi Pekerti, Sejarah, PKn plus tiga mapel sesuai dengan jurusan siswa (IPA atau IPS). Dilanjutkan dengan Ujian Sekolah (US) mulai 23 hingga 27 Maret.

Tercatat enam mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, TIK, Penjaskes dan Muatan Lokal.  Kepala SMAN 10 Kendari itu menambahkan secara umum penyelenggaraan USBN hari pertama berjalan lancar. Siswa datang tepat waktu dan mereka menyelesaikan soal-soal ujian dengan baik. “Saya berharap, hari berikutnya juga lancar seperti hari ini bahkan akan lebih baik lagi. Sebab bagi SMA langsung menyelenggrakan US setelah USBN hingga Senin pekan depan,” ujar Ruslan seraya mengimbau seluruh kepala sekolah untuk mengawal jalannya USBN hingga selesai.

BACA JUGA :  Terbongkar...Oknum Guru dan Pihak Sekolah Curang Saat USBN

Ketua Panitia USBN SMAN 1 Kendari, Nafaruddin mengatakan walaupun USBN masih baru diselenggarakan tahun ini, tetapi siswa juga menyambut baik ujian tersebut. Oleh karena itu, tak ada kekhawatiran tidak lulus sebab pengayaan terhadap materi ujian sudah dilakukan jauh-jauh sebelumnya.

“Saya rasa semua sekolah sudah menyiapkan USBN ini dengan baik. Begitupun dengan siswa, mereka juga sudah menyiapkan diri sama sama seperti menghadapi UN nanti. Alhamdulillah hari ini berlangsung dengan lancar,” ujar Nafaruddin.

BACA JUGA :  USBN Jadi Penentu Kelulusan, Hari Ini Digelar

Sedangkan USBN untuk SMK hanya berlangsung tiga hari. Mulai 20 hingga 22 Maret. Tiga mata pelajaran yang akan diujikan yaitu Agama, PKn dan Keterampilan Komputer. Ketua MKKS SMK Kota Kendari, Muh. Ansari memastikan seluruh peserta USBN SMK hadir 100 persen. Tak ada yang berhalangan hadir. “1.687 peserta USBN hadir semua di 19 SMK di Kota Kendari,” ujar pria yang juga Kepala SMKN 2 Kendari ini.

Ditempat terpisah, Kepala SMKN 1 Kendari, Ali Koua mengungkapkan USBN berjalan dengan lancar. Seluruh peserta ujian dan guru pengawas hadir. Measki ada guru yang terlambat sekira 10 menit, tetapi Ali Koua langsung menghubungi guru yang bersangkutan.

“Semua guru diingatkan agar datang 20 menit sebelum ujian dimulai. Sebab mereka harus memastikan kelengkapan ujian didalam kelas,” ujar Ali Koua.

BACA JUGA :  USBN Jadi Penentu Kelulusan, Hari Ini Digelar

Ali mengaku memantau langsung proses USBN di sekolahnya. Hal itu untuk menjaga seluruh kemungkinan yang akan mengganggu proses penyelenggaraan USBN. “Saya pantau jalannya ujian sampai selesai. Jangan sampai ada guru yang memberi jawaban atau ada siswa berkeliaran saat ujian berlangsung,” tukas Ali.

Dia mengklaim tak ada siswa menyontek sebab pengawasan dilakukan secara ketat. Meskipun pengawasan masih secara internal, tetapi guru pengawasnya berbeda mata pelajaran yang diujikan. Sebab USBN merupakan semi Ujian Nasional (UN). Pada akhirnya, hasilnya bakal dilaporkan di pusat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) provinsi.

“Ujian ini sebagai evaluasi penentu kelulusan juga dan pelaksanaannya sama dengan US. Hanya saja semua perangkat aturan dibuat dan ditetapkan oleh Kementerian yang diuraikan dalam POS USBN itu sendiri,” tegasnya. (p19/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top