Pariwara
Nasional

Kalau Ibu Kota Pindah, Jakarta Cocok jadi Kota Bisnis

Kota Jakarta (Foto : Jawa Pos)

kendaripos.fajar.co.id–wacana Presiden Joko Widodo memindahkan ibu kota Jakarta ke Palangkaraya memerlukan pemikiran matang. Jika ibu kota nanti benar-benar dipindahkan, lantas karakteristik kota apakah yang cocok untuk Jakarta dengan segala kesemrawutannya?

“Jakarta cocok jadi kota bisnis, kota dagang gitu ya. Kayak New York atau LA (Los Angeles),” ujar Pakar Tata Kota dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Denny Zulkaidi kepada JawaPos.

Dia menjelaskan, sebenarnya jika berkaca dari negara-negara maju di luar negeri, pusat pemerintahan itu dipisahkan dengan daerah bisnis.

“Pusat pemerintahan dengan bisnis ya jangan terlalu dekatlah. Kalau bisnis ya jalan aja sendiri. Enggak perlu support, backup, beking dari pejabat,” terangnya.

Denny mencontohkan di Amerika Serikat. Kota bisnis yang begitu luas terpusat di New York. Sementara ibukotanya terletak di Washington DC, sebuah kota yang tak begitu besar.

Begitu pun untuk tingkat provinsinya. Kota besar dan ibukota seyogyanya dibuat terpisah. “Misalnya di California, itu kota besarnya Los Angeles, tapi ibukotanya Sacramento. Kalau kita kan banyak yang merangkap, ibukota sekalian kota besarnya. Surabaya contohnya ibukota plus kota besarnya di Jawa Timur,” paparnya.

“Yang di Indonesia kan susahnya pusat bisnis sama pemerintahan sangat dekat,” tandasnya. (uya/JPG)


Notice: Trying to get property 'term_id' of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 982
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top