Papa Novanto Makin Tersudut, Chairuman Buka Kartu Korupsi e-KTP – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Hukum & Kriminal

Papa Novanto Makin Tersudut, Chairuman Buka Kartu Korupsi e-KTP

KENDARIPOS. CO.ID JAKARTA – Fakta dan pengakuan baru terkait kasus mega korupsi e-KTP satu persatu bermunculan. Termasuk soal keterlibatan Ketua DPR RI Setya Novanto.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Mantan Ketua Komisi II DPR Chairuman Harahap. Chairuman mengakui pengusaha penyedia barang dan jasa di proyek e-KTP, Andi Agustinus alias Andi Narogong merupakan orang dekat Ketua DPR RI Setya Novanto.

Hal itu terungkap setelah Jaksa KPK Abdul Basir mengkonfirmasi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) milik Chairuman dalam sidang dua terdakwa korupsi e-KTP Irman dan Sugiharto.

“Di BAP saudara menerangkan kenal dengan Andi Agustinus. Sepanjang yang saya ketahui Andi sering pungut proyek DPPR. Betul?,” tanya Jaksa Basir di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (16/3). Awalnya, politikus Golkar itu berkilah. Chairuman hanya mengatakan Andi Narogong sering ada di DPR.

“Saya enggak tahu proyek itu yang mana. Bahwa dia sering di situ, saya dengar-dengar. Saya enggak tahu apa aja proyek dia,” jawab Chairuman.

Jaksa Basir kemudian melanjutkan isi BAP Chairuman. “Dan memiliki kedekatan dengan Setya Novanto?” “Enggak ada,” jawab Chairuman masih membantah.  Lalu tampak geram, Jaksa Basir lansung menegur Chairuman.

“Kok enggak ada? Itu keterangan saudara waktu penyidikan. Gimana katakan enggak ada?” Tegas Jaksa Basir.  Akhirnya, dengan nada suara parau, dia mengakuinya. “Iya. Itulah sejauh mana kedekatannya enggak tahu juga. Karena proyek-proyek,” kata Chairuman.

Dalam perkara ini, Andi Narogong disebut beberapa kali menemui Setnov saat menjabat ketua fraksi Golkar. Pertemuan itu untuk membahas anggaran proyek e-KTP senilai Rp 5,9 miliar.

Dalam pertemuan itu, turut hadir sejumlah pejabat Kementerian Dalam Negeri. Andi juga meyakinkan pihak Kemendagri agar dia menjadi pelaksana proyek e-KTP dengan garansi akan memberikan uang kepada anggota DPR dan pejabat Kemendagri.

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top