Begini Skenario Peluang Jadi Rektor di UHO – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

Begini Skenario Peluang Jadi Rektor di UHO

Calon Rektor UHO berpelukan usai proses penjaringan, Kamis (16/3).

kendaripos.fajar.co.id–Setelah menjaring tiga calon. Pemilihan Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) kini memasuki putaran kedua. Tiga calon yang berhasil meraih suara terbanyak saat proses penjaringan, Prof Buyung Sarita, Dr Muh Zamrun dan Prof La Sara, kini bersiap mengikuti partai final yang akan berlangsung Kamis (23/3), memperebutkan 101 suara anggota senat ditambah 35 persen suara dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenritek Dikti).

Skenario pertama, Prof Buyung Sarita terpilih kalau menang telak sampai 70 persen diputaran kedua, atau 43 suara dasarnya tidak goyang, plus suara menteri diberikan utuh padanya. Lalu, Dr Muh Zamrun bisa terpilih jika menang telak sampai 70 persen di putaran kedua, atau 40 suara dasarnya tidak goyang, plus suara menteri diberikan utuh padanya. Sementara prof La Sara bisa terpilih kalau mampu menang telak sampai 70 persen di putaran kedua, atau bisa menarik suara pendukung Prof La Rianda, Prof Aslan dan dua suara yang tak sempat memilih, plus suara menteri diberikan utuh padanya. Skenario kedua, bila Menteri mendistribusikan suaranya yang 35 persen ke semua calon, maka yang paling berpeluang hanya Dr Zamrun dan Buyung Sarita. Syaratnya, Dr Zamrun harus mempertahankan 40 suara awalnya, plus menarik suara pendukung Prof La Rianda, Prof Aslan dan dua suara yang tak sempat memilih. Atau, Prof Buyung Sarita harus mempertahankan 43 suara awalnya, plus menambah 4 suara lagi, entah itu dari pendukung Prof La Rianda, atau suara Prof Aslan dan dua suara yang tak sempat memilih.

BACA JUGA :  Pendaftaran Ditutup, Enam Bakal Calon Ramaikan Perebutan Kursi Rektor UHO

Ketua Senat UHO, Aminuddin Mane Kandari usai proses penjaringan mengatakan, tiga orang yang terpilih sebagai Calrek ini sama-sama punya peluang jadi Rektor meski dari komposisi suara ada yang lebih kecil dan ada yang unggul. Tapi menurutnya itu bukan jaminan karena semuamasih dapat berubah. “Calon yang unggul dalam perolehan suara dan terbebas dari rekam jejak yang buruk dan pemeriksaan Kementerian tersebut akan menjadi rektor definitif UHO kedepan,” jelasnya. (imn)

BACA JUGA :  Tiga Besar Calrek UHO Ditetapkan. Pak Menteri Dukung Siapa Ya....

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top