Hari Ini MK Sidangkan Sengketa Busel dan Buteng – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Hari Ini MK Sidangkan Sengketa Busel dan Buteng

kendaripos.fajar.co.id–Hari ini, (16/3), MK memang mengagendakan persidangan berbagai sengketa Pilkada yang masuk. Namanya sidang pendahuluan. Sultra termasuk wilayah dengan jumlah gugatan yang banyak yakni dari empat daerah. Masing-masing Kota Kendari, Kabupaten Bombana, Buton Selatan (Busel) dan Buton Tengah (Buteng).

Khusus untuk Busel, gugatan yang diajukan pasangan Muh Faisal-Wd Hasniati akan digelar Kamis (16/3) dengan agenda pembacaan permohonanan pemohon, disusul Buton Tengah yang dimohonkan seorang bernama Kiesman M Thalib dengan agenda serupa. Sementara, sengketa Kota Kendari dan Bombana dijadwalkan digelar pada Jumat (17/3) besok. “Kalau kami KPU Kota Kendari sudah siap menghadapi gugatan,” tegas kuasa hukum KPU Kota Kendari, Dr Abd Rahman SH, kepada Kendari Pos.

Sementara itu, Juru Bicara MK, Fajar Laksono membenarkan hal itu. Ia mengatakan MK akan memulai sidang pendahuluan sengketa pilkada pada 16 Februari. Sesuai jadwal, sidang dengan agenda pembacaan permohonan yang dilakukan pemohon akan dilaksanakan selama dua hari yakni Kamis dan Jumat. Ada dua ruangan yang digunakan MK untuk menggelar persidangan dengan delapan hakim. “Hakimnya dibagi dua. Masing-masing gugatan sengketa pilkada ditangani oleh empat hakim. Meski genap, tidak menjadi masalah. Karena dalam sidang sengketa pilkada tidak ada istilah pendapat hakim yang menyebabkan perbedaan pendapat. Semua dilihat dari bukti-bukti yang diajukan di persidangan,” tandasnya saat ditemui di gedung MK, kemarin (15/3).

Setelah sidang pembacaan permohonan gugatan, kata dia agenda sidang berikutnya jawaban termohon atas gugatan pemohon. Rencananya Senin (20/3) MK akan memanggil termohon dan pihak terkait dalam persidangan. Mereka akan menjawab seluruh dalil-dalil pemohon. “Kalau saat sidang pendahuluan hanya berkas berkas aja, nggak sampai mendatangkan saksi, terkecuali sudah pada sidang lanjutan,” jelas Fajar.

Bila nanti hakim menilai ada kekurangan gugatan pemohon, maka permohonan gugatan bisa dilengkapi. Karena selain mendengarkan gugatan pemohon, kata dia hakim juga memberikan nasihat apabila dalam permohonannya dianggap kurang lengkap. Gugatan, lanjut Fajar, biasanya seputar dalil-dalil pelanggaran pilkada, seperti kecurangan di tempat pemungutan suara (TPS) tertentu atau perselisihan suara. Agar hakim melakukan penilaian berimbang, kata Fajar tentunya  juga harus didengarkan jawaban termohon atas dalil pemohon. “Misalnya ada kesalahan di TPS tertentu nanti mereka (KPU) jawab atau bantah. Apakah benar ada kesalahan atau bagaimana nanti hakim yang menilainya,” ujar dia

Hasil persidangan akan dinilai oleh hakim  melalui Rapat Permusyaratan Hakim (RPH) sebelum mengeluarkan putusan.Dari hasil fakta persidangan, hakim akan membacakan putusan dismisal atau putusan sela pada akhir Maret nanti. “Tanggal 30 maret MK bisa memutuskan perkara mana yang bisa lanjut ke tahap sidang berikutnya. Sementara yang tidak diputus MK akan dikirimi panggilan sidang untuk mengikuti sidang lanjutan,” tandasnya.

Ia memastikan, hakim lebih tahu perkara mana yang terbukti memenuhi syarat untuk lanjut ke tahap berikutnya. Fajar mengingatkan, sesuai ketentuan MK konsisten hanya menerima gugatan dengan perolehan suara maksimal dua persen. Tapi bila ada kecurangan yang benar benar ada saat Pilkada, kata dia tidak menutup kemungkinan gugatannya juga akan diterima.  Karena lagi-lagi putusan dikembalikan kepada penilaian hakim. “Tapi sejauh ini MK masih berpegang pada aturan yang hanya ditangani maksimal dua persen selisih perolehan suara,” ujarnya. (dan/p11)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top