Hari Ini, Pleno Penetapan Bupati Terpilih di Mubar – Kendari Pos –
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Hari Ini, Pleno Penetapan Bupati Terpilih di Mubar

kendaripos.fajar.co.id LAWORO- Sebanyak 500 personil disiagakan dalam mengawal pleno penetapan bupati terpilih di Muna Barat (Mubar), hari ini (15/3). Mereka berasal dari elemen kepolisian resort (Polres) Muna, TNI, Sat Pol PP Mubar dan satu SSK dari Mako Brimob Polda Sultra. Hal itu diungkapkan Kapolres Muna, AKBP Yudith.

“Kami akan maksimalkan pengamanan. Sama seperti saat proses penghitungan suara di KPU beberapa waktu lalu, kali ini juga akan disiagakan sebanyak 500 personil,” ungkap Yudith, kemarin. Dirinya berharap, masyarakat ikut menjaga kondusivitas selama pleno penetapan bupati terpilih berlangsung.

Dia menambahkan, sejauh ini kondisi di Mubar sangat kondusif. Kendati begitu, pihaknya tetap siaga mengantisipasi segala sesuatu yang bisa mengganggu keamanan. “Kami tetap sterilisasi lokasi. Walau sekarang keadaan aman-aman saja, namun tidak boleh lengah. Semua petugas tetap harus meningkatkan kewaspadaan,” jelasnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, selain di KPU, dirinya juga menempatkan beberapa personil di titik-titik rawan. “Pastinya, kami akan mengantisipasi semua kemungkinan sekecil apapun itu,” tegasnya. Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mubar memastikan kesiapan menggelar pleno penetapan bupati terpilih.

Komisioner KPU Mubar, Awaluddin Usa mengatakan, pihaknya sudah mendapat surat dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan surat keterangan Mubar tidak terdaftar dalam perkara. Makanya, sesuai jadwal, pihaknya menentukan hari ini (15/3), menetapkan bupati terpilih.

“Kami sudah undang pihak yang punya kepentingan. Seperti LM Rajiun Tumada-Achmad Lamani selaku pasangan terpilih, Panwas, partai pengusung, Muspida, PPK, PPS dan KPPS. Termasuk pasangan Ichsan-La Nika juga diundang melalui LO-nya,” ungkap Awaluddin Usa, kemarin. Rencana semula, pleno penetapan bupati terpilih digelar tanggal 8-10 Maret. Hanya saja, saat itu ada surat edaran KPU RI, yang melarang dulu lakukan penetapan sebelum ada surat MK, bahwa daerah itu tidak berperkara.

Lebih jauh, mantan jurnalis ini menjelaskan, sehari setelahnya, Kamis (16/3), hasil pleno akan diteruskan ke DPRD Mubar. Ada tiga hal yang akan disampaikan KPU ke DPRD. Pertama, berita acara dan keputusan hasil rekapitulasi perolehan suara masing-masing pasangan calon. Kedua, berita acara dan SK pasangan calon terpilih. Dan ketiga adalah surat keterangan dari MK yang menyatakan bahwa Mubar tidak berperkara. “Nanti setelah dari DPRD akan disampaikan ke Gubernur Sultra untuk disampaikan ke Kemendagri,” terangnya.

Ketua KPU Mubar, Al Munardin menambahkan, pleno penetapan bupati terpilih dipusatkan di KPU Mubar sekira pukul 09.00 wita. Penetapan ini sudah tertuang dalam surat keputusan KPU Mubar nomor 41/KPU-Kab.026.419170/III/2017. “Intinya, kami sudah siap menggelar pleno penetapan bupati terpilih besok (hari ini,red). Kami sudah sebar 1.500 undangan untuk menghadiri pleno,” katanya.

Saerah lain yang juga akan ditetapkan bupati terpilihnya adalah Kolaka Utara (Kolut) dan Buton.
Ketua KPU Kolut, Martani menjelaskan kesiapan menggelar pleno penetapan bupati terpilih hari ini.
“Kami tetapkan rapat pleno penetapan bupati terpilih Nur Rahman-H Abbas, hari ini sekira pukul 09.00 wita di Hotel Berlian Kecamatan Lasusua,” ujarnya.

Ketua KPU Buton, Alimuddin Sikuru juga memastikan pleno penetapan bupati terpilih, Samsu Umar Abdul Samiun-La Bakry akan dilaksanakan hari ini, Rabu (15/3). Tempatnya di Hotel Muslimah Pasarwajo sekira pukul 10.00 wita. “Semua pihak yang berkepentingan kami undang. Semoga berjalan lancar,” harapnya. (b/p11/yaf)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top