4 langkah Mudah Selamatkan Jantung. Simak Nih …. – Kendari Pos –
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kesehatan

4 langkah Mudah Selamatkan Jantung. Simak Nih ….

kendaripos.fajar.co.id POLA hidup sehat menjadi kunci dari segala macam penyakit. Makan gizi seimbang, olahraga, istirahat cukup, kelola stres, menjadi cara ampuh tapi sulit dilakukan oleh masyarakat modern yang dinamis.

Lima faktor risiko Penyakit Jantung Koroner (PJK) dseperti hipertensi, diabetes, merokok, dan kolesterol tinggi semestinya bisa ditekan dengan pola hidup sehat. Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Pusat Jantung Nasional RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, dr. Siska Suridanda Danny, Sp.JP (K), Jumat (10/3) memberikan banyak cara menghindari penyakit mematikan ini sejak dini.

“Pencegahan, sebagian besar nih orang sudah tahu yang cegah penyakit jantung itu gaya hidup sehat. Cuma gaya hidup sehat itu saja enggak gampang. Masyarakat cuma berhenti sampai pada tahu saja,” tukas Siska.

1. Awas Makan Banyak Garam
Garam bersembunyi dalam berbagai bentuk, bukan hanya garam meja. Masyarakat sering lupa bahwa garam ada dalam bentuk sodium benzoat (pengawet) dan Monosodium Glutamat ( penyedap).  Roti mengandung sodium atau pengembang dan pengawet. Makanan beku dan makanan kaleng juga mengandung sodium, Kecap dan saus juga mengandung sodium. “Sulit menghindarinya jika terbiasa makan makanan jadi, masak sendiri dong, jadi bisa atur sendiri,” ungkapnya.

2. Perbanyak Sayur dan Buah
Lebih banyak konsumsi sayuran dan buah-buahan daripada karbohidrat. Asupan protein tumbuh-tumbuhan lebih baik daripada hewani seperti sapi. Ikan laut juga protein paling baik.

3. Berhenti Merokok
Tetap saja hingga saat ini angka merokok makin tinggi. Anak SD sudah menjadi sasaran marketing produsen rokok.

4. Olahraga
Hal ini sulit dilakukan oleh sebagian besar masyarakat perkotaan. Olahraga sulit dilakukan karena kesibukan yang dihadapi, Siasati dengan olahraga aktivitas fisik seperti jalan kaki.

Aktivitas fisik ini bisa menjaga kebugaran. Rata-rata yang dianjurkan yaitu 150 menit per minggu atau 3 kali dalam seminggu masing-masing 50 menit. Olahraga jalan intensitas sedang atau jalan cepat hingga berkeringat bisa menjadi pilihan. Atau olahraga lainnya seperti bersepeda dan renang. Olahraga ini tidak memberatkan dan bersifat kardio.

Namun untuk usia di atas 40 tahun, hindari olahraga kompetitif dengan unsur pertandingan seperti tenis atau futsal dan sepak bola. Hal ini memicu jantung ekstra keras. (cr1/JPG)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top