Ilegal, PT Conch Harus Ditutup – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Hukum & Kriminal

Ilegal, PT Conch Harus Ditutup

kendaripos.fajar.co.id BARRU-Sebuah perusahaan asing berbendera PT Conch kini jadi sorotan di Sulawesi Selatan. Perusahaan Tiongkok itu disebut-sebut membangun berbagai fasilitas di Barru, tanpa ada izin. Gara-gara ini, sejumlah anggota DPRD Barru bereaksi keras. Wakil rakyat minta Pemkab Barru segera menutup perusahaan asal Tiongkok yang membangun tapi tak dilengkapi izin ini.

Andi Haeruddin, Anggota DPRD Barru dari partai Demokrat, menyatakan, perusahaan yang seenaknya membangun tanpa mengindahkan aturan itu tidak bisa dibiarkan. Harusnya Pemkab Barru sudah mengambil langkah tegas terkait perusahaan yang rencananya akan membangun pabrik semen di Barru ini.

“Kami sudah mengunjungi  lokasi perusahaan ini, perusahaan ini nyata-nyata sudah membangun,”katanya.
Karena itu  anggota DPRD Barru melakukan koordinasi dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Propinsi Sulsel beberapa waktu lalu. “Informasi yang kami peroleh dari BKPMD, perusahaan tersebut sama sekali tidak mengantongi izin,”katanya.

Satu-satunya izin yang dimiliki perusahaan asal Tiongkok ini, ujar legislator dari Partai Demokrat ini, hanyalah izin berinvestasi di Indonesia. Selebihnya tidak ada, tapi perusahaan ini sudah membangun sejumlah gedung di areal persawahan yang sudah dibebaskan perusahaan ini.

Sementara Plh Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Barru, Taufik Mustafa, menyatakan, sebelumnya masalah Amdalnya ditangani Dinas Lingkungan Hidup. Tapi dokumen itu sudah berada di Dinas PerizInan Barru. “Saya kira masih banyak izin-izin yang mesti diselesaikan, seperti izin penggunaan jalan dan izin terkait kehutanan,”ujar mantan camat Barru ini.

Di lokasi perusahaan ini berada di tengah-tengah areal persawahan produktif di Kelurahan Mangempang Kecamatan Barru. PT Conch berdalih belum ada aktivitas terkait pembangunan PLTU apalagi pabrik semen. Selama keberadaan perusahaan yang sebagian pekerjanya didatangkan dari Tiongkok ini sudah dua kali digrebek tim Keimigrasian. Tim Imigrasi Parepare juga sempat turun ke lokasi dan terakhir dari Ditjen Imigrasi Departemen Hukum dan Ham Jakarta. Tapi sayang pihak imigrasi tak membeberkan hasil pemeriksaannya.

Terus Membangun
Proyek PLTU dan pabrik semen yang berlokasi di Kelurahan Mangempang, Kecamatan Barru sudah berdiri sejumlah gedung. Pemkab Barru sudah melayangkan surat teguran sebanyak tiga kali tapi perusahaan asal Tiongkok ini seperti tak peduli.

Plh Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu dan Tenaga kerja Kabupaten Barru, Syamsir, Rabu, 8 Maret mengatakan, perusahaan yang akan membangun pabrik semen ini belum mengantongi izin lingkungan termasuk izin mendirikan bangunan (IMB). Perusahaan ini tetap melanjutkan pembangunannya meski sudah ditegur. “Kami akan malapor ke Pak Plt Bupati Barru terkait langkah selanjutnya untuk perusahaan ini,” katanya.
Pantauan koran ini di lokasi, dua bangunan berlantai dua telah berdiri kukuh di atas areal 14 hektar lahan yang telah dibebaskan dari lahan persawahan milik warga. Lahan ini sudah dikelilingi pagar beton. Aktivitas alat berat masih bekerja di lokasi proyek.

Manajemen PT Conch yang dikonfirmasi tidak bisa dihubungi. Di pintu masuk perusahaan dijaga satpam perusahaan. Pintu masuk dipasangi portal pihak luar tak dizinkan masuk kecuali ada izin dari perusahaan.
Namun keterangan sebelumnya melalui juru bahasa PT Conch, Jane, menyatakan, seluruh proses perizinan sudah dilalui perusahaan. Saat ini tinggal menunggu perizinannya dari Pemkab Barru. Pihaknya membantah ada pembangunan berkaitan dengan PLTU dan pabrik semen. Bangunan yang ada sekarang ini hanya untuk tempat tinggal sementara.(rus)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top