Nah Lho…. Sekarang Urus Paspor Harus Ada Rp 25 Juta – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Sulawesi Tenggara

Nah Lho…. Sekarang Urus Paspor Harus Ada Rp 25 Juta

kendaripos.fajar.co.id KENADRI- Persyaratan pembuatan paspor memberatkan masyarakat. Persyaratan baru itu adalah, bila akan keluar negeri dan mengurus paspos, masyarakat harus menunjukkan buku rekening tabungan dengan saldo minimal Rp 25 juta.

Kepala Divisi Imigrasi Enang Samsir

Kepala Divisi (Kadiv) Imigrasi Kantor Wilayah Kemenkuhman Provinsi Sultra, Enang Samsir membenarkan hal tersebut. Aturan baru itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) nomor IMI-0277.GR.02.06 tahun 2017 tentang Pencegahan Tenaga Kerja Indonesia Nonprosedural.

Kebijakan tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Sebab, TPPO ini bisa jadi berawal dari pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal melalui modus operandi seperti haji, umrah, berwisata dan lain-lainnya. TKI yang rentan jadi korban TPPO itu biasanya memang berangkat ke luar negeri tanpa bekal uang yang cukup.

“Agar tidak ada lagi korban TPPO setiap warga negara yang akan mengurus paspor untuk keperluan wisata, diminta menunjukkan deposit. Aturan ini diberlakukan untuk melindungi WNI,” jelasnya. Kadiv juga mengatakan, untuk Sultra, salah satunya di Kantor Imigrasi Kelas I Kendari telah menetapkan aturan tersebut dalam sepekan ini.

Banyak masyarakat juga terpaksa harus pulang karena tidak dapat memenuhi aturan yang cukup berat tersebut. “Jadi sebelum pemohon paspor mengurus, langsung dijelaskan dengan aturan baru itu. Setelah mengetahui mereka langsung pulang. Ada yang protes dengan aturan tersebut, tapi kami hanya menjalankan tugas yang telah ditetapkan oleh pusat,” katanya. (b/kmr)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top