Sudah Dianggarkan, tapi Dermaga Lanal Masih Terkendala Pembebasan Lahan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Sudah Dianggarkan, tapi Dermaga Lanal Masih Terkendala Pembebasan Lahan

Dermaga AL yang terletak di dekat pelabuhan Wawonii ini akan dipindahkan ke lokasi pelabuhan PT Dharma Samudra, namun masih terkendala administrasi dan pembebasan lahan.

Dermaga AL yang terletak di dekat pelabuhan Wawonii ini akan dipindahkan ke lokasi pelabuhan PT Dharma Samudra, namun masih terkendala administrasi dan pembebasan lahan.

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—-Pembangunan dermaga Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kendari harusnya sudah dimulai tahun ini. Sayangnya, pengerjaan proyek senilai Rp 60 miliar ini tak kunjung dilakukan. Proses pembebasan lahan masih menjadi kendala utama. Hingga kini, Pemprov dan PT Dharma Samudera belum memeroleh kata sepakat. Padahal sejumlah persyaratan teknis pengerjaan fisik dermaga telah dikantongi. Kendati demikian, Pemprov tetap optimis pembangunan bisa segera direalisasikan.

“Dermaga Lanal akan dibangun tahun ini. Alokasi anggarannya sudah masuk APBD induk. Hanya saja, pembangunan fisiknya belum dilakukan. Masih ada beberapa persoalan teknis yang dikonsolidasikan. Secara teknis, saya belum tahu perkembangannya. Pembangunan dermaganya melekat di kegiatan Dinas Perhubungan (Dishub),” kata Gubernur Sultra, H. Nur Alam, Kamis (2/3).

Meskipun telah dianggarkan, mantan wakil ketua DPRD Sultra ini belum bisa memastikan proyek pengerjaan fisiknya akan dimulai. Menurutnya, masih ada beberapa persoalan di lapangan yang terkadang tidak sesuai harapan. Makanya, perlu pengkajian lebih sistematis. Tidak hanya menyangkut teknis pengerjaan proyek, namun persoalan administrasi termasuk proses pembebasan lahan.

Diakuinya, hingga kini pemerintah belum menemui kesepakatan harga dengan pemilik lahan. “Kalau belum deal, berarti belum ada kecocokan harga. Mungkin pemilik lahan menganggap tawaran pemerintah terlalu rendah. Namun mereka juga harus sadar, apa yang menjadi patokan pemerintah harus sesuai dengan ketentuan. Bila tidak sesuai dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP)-nya, maka sulit bagi pemerintah untuk mengakomodir,” jelas mantan Ketua DPW PAN Sultra ini.

Kendati demikian, Pemprov berjanji akan mempercepat proses pembebasan lahan dan pengerjaan fisik dermaga Lanal. Apalagi relokasi dermaga Lanal Kendari ini masuk dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) pembangunan Jembatan Teluk Kendari. Makanya, pemerintah masih terus berupaya agar persoalan ini bisa segera diselesaikan. Terlebih pembangunan Jembatan Bahteramas ditergetkan rampung pada akhir tahun 2018.

Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina optimis pembangunan proyek akan dimulai tahun ini. Apalagi Surat Keterangan Kelayakan Lingkungan (SKKL) dan izin lingkungan telah dikantongi. Begitupun dengan tahapan desain pembangunan dermaganya. Untuk pengerjaan fisik, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 60 miliar. Pengerjaannya dilakukan dua tahapan. Untuk sisi darat, anggaran yang dialokasikan pemerintah sebesar Rp 14 miliar dan sisi laut Rp 46 Miliar.

Untuk memastikan proyek ini bisa rampung sesuai jadwal kata mantan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Buton Utara itu, proyek ini diberikan status multiyear. Sesuai rencana, pengerjaan proyek ini akan berlangsung hingga tahun 2019. Pengerjaan kontruksi tidak perlu menunggu satu sisi dirampungkan. Namun bisa dimulai dari kedua sisi. Konstruksi pengerjaannya tinggal menyesuaikan dengan desain. Namun untuk tahap awal, pengerjaannya akan dimulai dari sisi laut. Pasalnya, ada beberapa petak lahan di darat yang belum dibebaskan.

“Saat ini, pemerintah terus melakukan koordinasi internal terutama SKpD yang berhubungan dengan proyek ini. Seperti dinas PU menyangkut perhitungan harga ganti rugi, pembebasan lahan hingga negosiasi dengan PT Dharma Samudera Sebagai pemilik kawasan. Paling tidak, sudah harus ada kesepakatan antara kedua belah pihak,” pungkas mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Butur ini. (Amal)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top