Gubernur Canangkan Gerakan Tanam Cabai – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Sulawesi Tenggara

Gubernur Canangkan Gerakan Tanam Cabai

Pencanangan gerakan nasional penanaman cabai tingkat Provinsi Sultra dilakukan oleh Gubernur Nur Alam, Kamis (2/3).

Pencanangan gerakan nasional penanaman cabai tingkat Provinsi Sultra dilakukan oleh Gubernur Nur Alam, Kamis (2/3). Foto: LM Syuhada/Kendari Pos

kendaripos.fajar.co.id,KENDARIGubernur Sultra, H Nur Alam mencanangkan gerakan nasional penanaman cabai tingkat Provinsi Sultra, Rabu (2/3). Pencanangan ditandai penanaman cabai yang dilakukan di arel seluas 80 are di lahan warga Jalan Kapten Piere Tendeean oleh Gubernur Nur Alam, Ketua Tim Penggerak PKK Sultra, Tin Nur Alam, unsur Forkompimda dan sejumlah pejabat lingkup Pemprov Sultra serta pengurus PKK provinsi bersama kabupaten/kota.

Gerakan tanam cabai ini merupakan gerakan nasional. Pemicunya. melambungnya harga cabai yang ternyata memicu terjadinya inflasi. Untuk menekan inflasi itulah, maka  Kementerian Pertanian (Kementan) pun meluncurkan program gerakan nasional tanam cabai. Menindaklanjuti program Mentan, Amran Sulaiman, Pemprov Sultra melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar gerakan tanaman cabai .

BACA JUGA :  Tingkatkan Kualitas Konsumsi Pangan Melalui Gerakan P2KP

Gubernur Sultra, H Nur Alam mengapresiasi upaya yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan dan Badan Penelitian Tanaman Pangan (BPTP) Sultra. Apalagi program ini ikut menggandeng pengurus PKK se-Sultra. Program ini sejalan dengan upaya peningkatan ketahanan pangan dan gizi keluarga yang dilakukan Kementan. Dengan memberdayakan kelompok wanita dan keluarga, program optimalisasi pemanfaatan lahan bisa dilaksanakan. Hanya saja, ia berharap gerakan nasional tanaman cabai tidak hanya sekedar acara seremonial belaka untuk menepis isu kelangkaan cabai.

“Pada dasarnya, program ini cukup positif. Namun perlu diingat, jangan setelah acara ramai-ramai seperti ini lantas tidak ada lagi kegiatan susulan. Makanya, saya memiliki harapan besar agar program ini bisa dilakukan secara berkesinambungan. Saya ingin gerakan tanaman cabai yang sampai pada skala kecil atau hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Namun bisa bernilai ekonomi yang ujung-ujungnya memberikan hasil atau provit ke pemerintah,” kata Nur Alam saat memberi arahan dalam kegiatan pencangan gerakan cabai nasional tanam cabai tingkat Pemprov Sultra, Kamis (2/3).

BACA JUGA :  Ini Tips Memilih Pangan Segar dan Aman

Untuk mewujudkan hal itu, periah penghargaan Bintang Maha Putera menantang SKPD terkait untuk menyusun program ini. Apalagi estimasi anggarannya tidak terlalu besar. SKPD yang terlibat tinggal menyiapkan dokumen dan kebutuhan. Sementara untuk lahan sudah tidak ada masalah. Ia mengaku siap menyerahkan lahan seluas 100 hektar di Nanga-nanga untuk pengembangan tanaman cabai. Jika memang diperlukan, pemerintah akan membangun unit kerja khusus untuk pengembangan cabai.

BACA JUGA :  Membangun Ketahanan Pangan Masyarakat Sultra

“Kalau mau kerja, jangan setengah-tengah. Kan, bisa sekalian terlihat hasilnya. BPTP Sultra tinggal siapkan bibit, nanti SKPD terkait yang menyiapkan lahan, melakukan penanaman dan lainnya. Hasilnya, nanti didrop ke pasaran terutama memenuhi permintaan skala besar. Sejauh ini kan, kebutuhan cabai untuk rumah tangga cukup tersedia. Yang langka itu, permintaan skala besar. Misalkan, untuk kebutuhan belanja pesta, rumah makan dan agenda besar lainnya,” kata mantan Ketua KONI Sultra ini.

Pada pencanangan tersebut ditandai penyerahan bibit cabai dari Gubernur Nur Alam kepada Ketua Tim Penggerak PKK Sultra, Tina Nur Alam. Penyerahan mesin penetas telur dari Wagub Saleh Lasata ke Ketua Tim Pengerak PKK Wakatobi, dan penyerahan ayam petelur dari Kepala BI Sultra ke Ketua PKK   Buton Utara. (amal)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top