Fildan Kontestan DA-4, Dulu Waiter, Kini Pesohor – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Selebritas

Fildan Kontestan DA-4, Dulu Waiter, Kini Pesohor

kendaripos.fajar.co.id JAKARTA- Fildan Rahayu kini makin terkenal. Pemuda asal Baubau yang jadi kontenstan Dangdut Academy (DA-4) di salah satu stasiun televisi nasional itu bahkan sudah punya banyak penggemar. Tiap keluar asrama, tempat ia dikarantina selama kompetisi, ia selalu dikerubuti orang yang dominan kaum ibu, sekadar meminta berfoto.

fildannnnnn---

Dulu, Fildan bukanlah siapa-siapa. Tapi nasibnya mendadak berubah ketika ia ikut audisi DA-4 di Makassar, dua bulan lalu. Kemerduan suaranya saat melantunkan lagu India berjudul Tom Hi Ho yang dipopulerkan Arijit Shing membuat Iis Dahlia, juri kompetisi ini jadi meleleh. Tapi ragu, Fildan ia sodori golden tiket untuk tahap selanjutnya ke Jakarta, setelah pedangdut berkumis tipis itu memeluk Fildan, tanda terpukau.

Pria 25 tahun itu kemarin meluangkan waktunya bertemu jurnalis Kendari Pos di Jakarta. Senyumnya mengembang saat tahu ada “suadara” sekampungnya dari Sultra yang berkunjung ke asrmanya di daerah Daan Mogot, Jakarta Barat. “Maaf, saya baru bangun. Sudah lama menunggu?” sapa Fildan.

Tiga hari terakhir, para kontenstan memang sedang menikmati libur. Ayah satu anak itu mengaku mereka baru saja diajak pimpinan asrama untuk refreshing. “Kita pergi ke Monas dan mall. Saat di Monas saya tidak menyangka kalau banyak yang ajak berfoto. Bahkan ada seorang wanita sambil menggendong anaknya mengajak saya berfoto,” ujar dia. Karena banyak warga yang ajak  berfoto, ia harus tertinggal dari peserta lain. Teman-teman terus berjalan sedangkan Fildan masih berfoto dengan warga yang menggemarinya. “Saya ditanya sama ibu asrama, enak punya penggemar atau ngga. Yah, saya berfoto saja. Kan kasian juga lihat seorang ibu berlari sambil menggendong anak yang mengajak saya berfoto,” ujar dia.

Sebelum tampil di panggung pentas DA-4, ia bersama peserta lain menjalani hari-hari di asrama dengan latihan vokal. Terkadang ada pelatih vokal yang mendampingi peserta, biasanya juga berlatih sendiri. Kata dia peserta
diminta untuk menulis naskah lagu yang akan dinyanyikan di kertas. Nah, lirik lagu yang diaransemen harus diberi tanda. katanya, dalam waktu dekat, ia dan empat peserta lain akan tampil dengan salah satu artis papan atas asal India. Ia tidak menyangka akan diberikan kesempatan sepanggung dengan pemain film Ranveer dan Inshani. Pemilihan peserta yang bakal tampil, kata dia dilihat dari penampilan-penampilan sebelumnya.

“Kalau tidak salah ingat, yang akan tampil nanti saya sendiri, Silvie dan Hafiz. Yang lain saya tidak ingat
namanya,” kata Fildan. Kini Fildan fokus berlatih namun ia tidak tahu jadwal tampil di panggung DA-4. Karena masih ada group lima peserta DA-4 yang harus tampil lebih dulu. Setelah itu, masuk dua puluh besar. “Dan dalam 20 besar nanti, ternyata groupnya diacak lagi. Makanya saya belum tahu akan tergabung dalam group berapa dan kapan akan tampil,” ungkapnya.

Soal lagu yang akan dibawakan saat tampil nanti, kata dia saat ini belum bisa dibocorkan ke publik. Karena lagu yang akan dibawakan nanti, katanya panitia yang akan memilihkannya disesuai dengan karakter suaranya. Nanti ada dua lagu yang akan ditampilkan. Ia meyodorkan enam daftar lagu yang bakal dinyanyikan kepada panitia.
“Kalau untuk latihan sendiri paling coba cari lagu yang cocok dengan suara. Setelah itu latihan group yang akan tampil. Paling kalau sudah dapat lagu yang cocok, disuruh untuk aransemen sendiri. Paling latihannya aransemen dan improvisasi lagu, di dalam kamar pakai gitar,” cetusnya.

Pelatih vokal kata dia waktunya terbatas untuk terus bersama peserta. Jadi harus sering latihan sendiri mengasah dan mempermantap lagu yang akan dibawakan. Fildan membocorkan bila penampilannya nanti, ia akan menggunakan alat musik. Tapi nanti pakai gitar eletrik, sebelumnya menggunakan gitar akustik. “Kebetulan Alhamdullilah dapat hadiah gitar dari pejabat Morowali,” katanya.

Fildan berharap masyarakat Sultra memberikan dukungan agar tetap lolos ke tahap selanjutnya.  Ia ingin mengharumkan Sultra dalam industri musik nasional.(dan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top