Ouw…Lima PNS Konsel Terjaring OTT – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Ouw…Lima PNS Konsel Terjaring OTT

kendaripos.fajar.co.id ANDOOLO- Satuan tugas (Satgas) sapu bersih (Saber) pungutan liar (Pungli) terus mengintai aksi Aparatur Sipil Negara (ASN) bermental pungli. Kemarin (27/2), sekira pukul 13.30 Wita, lima PNS Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe Selatan terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh Satgas Saber Pungli Polres Konsel. Mereka terindikasi melakukan praktik pemungutan biaya pengurusan sertifikasi guru diluar ketentuan yang berlaku.

pungli

Lima pegawai Dinas Dikbud itu masing-masing berinisial HR, HS, ST, SM, dan PI. Mereka bertugas pada salah satu bidang di Dinas Dikbud Konsel. Kelima ASN tersebut langsung diboyong ke Mapolres Konsel untuk dimintai keterangannya. Polisi juga menyita sejumlah barang bukti, termasuk jutaan rupiah uang yang diduga sebagai pembayaran pengurusan berkas sertifikasi guru.

Kasatreskrim Polres Konsel, Iptu Ismail Pali mengugkapkan OTT tersebut berawal dari informasi dari masyarakat yang hendak mengurus berkasnya di Dinas Dikbud Konsel. Banyak guru yang sedang mondar mandir mengurus berkas sertifikasinya untuk tahun 2017. Dalam pengurusan tersebut, pegawai Dikbud mematok tarif tertentu untuk mempermudah pengurusan berkas dan diserahkan langsung saat menyetor dokumen para guru ini. “Setelah mendapat informasi itu, kami langsung bergerak cepat ke Dinas Dikbud. Di sana ada pendataan berkas sertifikasi guru. Saat tiba di sana, saya menyaksikan salah satu pegawai di ruangan salah satu bidang di Dikbud sedang menerima uang,” ungkap Iptu Ismail Pali.

Dari hasil OTT tersebut, Satgas Saber Pungli Polres Konsel langsung mengamankan lima pegawai yang mengurusi berkas sertifikasi guru tersebut. “Kami juga berhasil mengamankan puluhan juta uang sebagai barang bukti. Selain itu kita amankan ratusan berkas calon penerima sertifikasi sebagai barang bukti dari kegiatan ini,” terang mantan Kapolsek Lainea ini.

Ismail menambahkan, adapun modus pungli pengurusan berkas sertifikasi guru ini yakni sejumlah uang dalam amplop diselipkan pada berkas yang disetor. Pada amplop tersebut tertera nama lengkap dan NIP guru. Isinya cukup variatif, ada yang Rp 100 ribu hingga Rp 700 ribu. “Ada juga yang menyetor langsung. Tidak pakai amplop. Jumlahnya juga variatif,” jelasnya.

Dia menambahkan, PNS yang terjaring OTT Satgas Saber Pungli terancam dikenakan sanksi sesuai Perpres nomor 87 tahun 2016 tentang sapu bersih pungli. “Ini dapat dikenakan undang-undang tindak pidana korupsi terkait pasal penerimaan gratifikasi,” tambahnya.

Informasi tertangkap tangannya lima PNS sudah sampai ke Wakil Bupati Konsel, Dr Arsalim Arifin. Dia sangat menyayangkan tindakan pungli yang dilakukan oleh oknum pegawai itu. Arsalim bahkan mengapresiasi kinerja Satgas Saber Pungli yang telah bergerak cepat memberantas pungli. “Saya dapat laporan dari Inspektorat bahwa ada OTT di Diknas. Semoga ini bisa menjadi pembelajaran bagi dinas lain, bukan hanya Dikbud saja,” jelasnya.

Mengenai keterlibatan sejumlah pegawai yang saat ini diamankan oleh kepolisian, pasangan H Surunuddin Dangga ini berjanji akan memberikan sanksi secara tegas jika terbukti secara hukum. “Jika terbukti, sanksi lain akan menanti. Bisa jadi pemecatan,” ujar Arsalim, kemarin.

Sementara itu, Sekda Konsel Sjarif Sajang turut kesal atas perilaku bawahannya yang melakukan praktik pungli. Pihaknya seringkali mengingatkan agar ASN wajib menghindari praktik pungli dalam memberikan pelayanan baik internal maupun kepada masyarakat. “Saya sudah sering ingatkan, baik saat rapat, apel, maupun sidak. Tapi masih saja ada seperti ini,” ujarnya dengan nada kesal. (kam/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top