Tekan Inflasi, Dirjen Perdagangan Pantau Harga Cabai Rawit di Kendari – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

Tekan Inflasi, Dirjen Perdagangan Pantau Harga Cabai Rawit di Kendari

kendaripos.fajar.co.id KENDARI– Demi menjaga laju inflasi nasional, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia, Tjahya Widayanti, akhirnya turun langsung ke lapangan untuk mengecek harga sejumlah bahan pangan yang rawan mengalami gejolak harga (volatile foods). Salah satunya adalah cabai rawit.

Perindag_Dirjen ditemani Kadis dan Kepala BI Sultra (1)

Kunjungan pejabat pusat tersebut, ini juga terkait dengan tingkat inflasi nasional yang mencapai angka 0,97 persen per Januari lalu dan cukup dipengaruhi oleh naik turunnya harga sejumlah bahan pangan, salah satunya cabe rawit. Tjahya pun menyempatkan diri bertandang ke Pasar Basah Kendari dengan didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sultra, Hj. Sitti Saleha dan Kepala Perwakilan BI Sultra, Minot Purwahono pada Sabtu (25/2) lalu. Ia melihat harga cabai rawit masih relatif konstan diharga tinggi dalam sepekan terakhir.

Bersama BI, Kementerian Perdagangan RI berkomitmen mengendalikan harga dan ketersediaan volatile foods di pasaran. “Karena pada bulan Januari, inflasi kita 0,97 persen. Sementara target inflasi sekitar 4 plus minus 1. Berarti tinggal 3 angka lagi yang harus dikejar dan salah satu upaya yang rutin kita kita lakukan adalah mengontrol stok dan harga bahan pangan,” katanya.

Lanjutnya, kebijakan pemerintah pusat mengharuskan informasi akurat dan kontinu tentang pasar mana saja yang harga bahan pangannya relatif tinggi. Selanjutnya, Kementerian Pertanian wajib mengetahui berbagai titik panen cabai yang nantinya bakal didistribusikan oleh Perum Bulog atau BUMN lain ke lokasi yang harga volatile foodsnya terbilang tinggi. Dan untuk menstabilkan harga cabai rawit, ia berharap Perum Bulog ataupun BUMN lainnya dapat menyerap hasil panen untuk didistribusikan ke pasar.

“Tadi secara kualitatif pedagang menyatakan pasokan cukup, itu yang penting. Dan harga pun relatif stabil dalam arti kata tidak ada lonjakan yang sangat tinggi dalam sepekan terakhir. Berdasarkan pantauan, harga cabai di pasar Kendari masih pada kisaran 60an ribu,” tutupnya. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top