Kesal tak Diaspal, Warga Tanam Jati di Tengah Jalan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Sulawesi Tenggara

Kesal tak Diaspal, Warga Tanam Jati di Tengah Jalan

kendaripos.fajar.co.id RAHA- Kesabaran warga Desa Matarawa Kecamatan Watopute mulai habis. Mereka kesal karena sudah 10 tahun lebih jalan di daerah itu tidak pernah tersentuh aspal. Ketika musim hujan, jalan becek dan rawan terjadi kecelakaan. Dan kala musim panas pasti warga “makan” debu.

Gambar Yafruddin Yadi... Warga Tanam Jati Di jalan

Puncak kekesalan, kemarin (24/2) sejumlah warga berinisitif menanam pohon jati di tengah jalan. Sementara ini, hanya itu bisa dilakukan untuk menarik perhatian pemerintah aderah. Wa Ode, salah satu warga Desa Matarawa mengaku pihaknya sengaja menanam pohon di tengah jalan karena kesal.

“Ini jalan poros utama. Digunakan warga setiap hari. Kami kesulitan ketika pergi ke Kota Raha untuk belanja dan menjual hasil kebun. Jalan ini sudah rusak sejak 10 tahun lalu, namun tidak pernah diaspal,” kesal Wa Ode diamini warga lainnya saat ditemui di Desa Matarawa, kemarin.

Wa Ode menegaskan, jika jalan tak kunjung diaspal, maka warga berbondong-bondong melakukan blokade atas akses jalan tersebut. Sebab, jalan berdebu akibat dari arus lalulintas sudah mengganggu kesehatan. “Kami akan tutup nanti. Supaya kendaraan tidak bisa lewat,” ancamnya.

Pelaksana Tugas Dinas PU Muna, H. La Bou belum bisa dimintai komentarnya soal itu. Dihubungi via selulernya juga tidak aktif. Sama halnya dengan Kabid Bina Marga, Sanudi. Mereka tak dapat ditemui. Dihubungi lewat telepon juga tak diangkat. Di SMS juga tidak dibalas.

Namun, Wakil Ketua DPRD Muna, La Ode Dyirun berjanji akan memperjuangkan pengaspalan jalan tersebu. Menurutnya, akses jalan di Desa Matarawa menjadi salah satu prioritas dan akan segera diaspal tahun ini.

“Anggarannya sudah diplotkan dalam APBD 2017. Saat ini, masih dalam proses perencanaan. Kami minta warga bersabar saja dulu,” pesannya. Dia berharap, warga tidak memblokir jalan yang pada akhirnya akan merugikan pengendara lainnya.

Sekertaris Komisi III DPRD Muna, Sukri mengungkapkan, anggaran yang dikucurkan untuk pengaspalan jalan sekira Rp 6 miliar. Diperkirakan, Juni sudah bisa dikerja. Sebab, proses tender baru akan dilaksanakan bulan ini hingga Maret mendatang.

“Matarawa menuju Watopute, insya Allah segera teraspal. Kami minta masyarakat tahan diri dulu. Pasti akan diaspal tahun ini,” imbuhnya. (b/ery/yaf)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top