PAN Sultra Cari Ketua Baru … Simak Nih – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

PAN Sultra Cari Ketua Baru … Simak Nih

kendaripos.fajar.co.id JAKARTA- Jerat hukum yang membelit Ketua PAN Sultra, Samsu Umar Abdul Samiun memang menyulitkan partai berlambang matahari terbit itu. Konsolidasi organisasi di Sultra jadi tersendat. Makanya, DPP PAN mulai menggulirkan rencana untuk mencari pengganti Bupati Buton itu, lewat mekanisme Musyawarah Wilayah Luar Biasa (Muswilub).

1473878668

Sinyal itu disampaikan Wakil Ketua DPP PAN, Yandri Susanto kemarin. Ia mengatakan rencana untuk menggelar Muswilub itu sudah ia sampaikan kepada pengurus DPW saat ia turun mengikuti beberapa kampanye akbar Pilkada di Sultra. Meski demikian, Yandri memastikan bahwa PAN tidak akan meninggalkan Umar yang kini sedang ditahan KPK dalam kasus dugaan suap ke hakim MK. “Umar itu kader kami, jadi tetap akan mendapat dukunngan PAN dalam menjalani proses hukum,” kata anggota DPR RI itu.

Hanya saja Yandri belum bisa memastikan kapan Muswilub itu akan digelar dan bagaimana mekanisme dan tahapannya. Yang jelas itu akan dilakuka dalam waktu yang tidak terlalu lama, apalagi proses Pilkada sudah selesai. “Saya sudah sampaikan rencana tersebut, tapi kita tetap memberi suport ke Bang Umar yang sedang mendapat musibah,” katanya saat ditemui,  kemarin (23/2) di aula Paripurna DPR RI.

Meskipun PAN Sultra sedang diterpa cobaan namun prestasi di Pilkada sangat luar biasa.  Karena dari tujuh kabupaten/kota yang gelar Pilkada di Sultra,  empat diantaranya usuangan PAN menang. Yakni,  Kendari,  Buton,  Bombana dan Muna Barat. Sementara yang lain kata dia mungkin belum bernasib bagus. Apa yang menjadi hasil Pilkada di Sultra, kata dia sudah harus diterima.

“Puas ngga puas kita harus terima dengan lapang dada.  Dari tujuh daerah yang Pilkada di Sultra, di empat daerah PAN menang.  Yang lain belum nasib bagus, ” ujar dia.

Apalagi saat ini PAN Sultra mendapat cobaan, dimana Ketua DPW ditahan oleh penegak hukum. Meski begitu DPP tetap bersyukur karena kader PAN Sultra yang ikut Pilkada ada yang menang. Apalagi semuanya berasal dari kader dan pengurus partai,  bukan dari figur lain yang diusung.

Untuk diketahui, Umar Samiun menjabat sebagai Ketua DPW PAN Sultra sejak Mei 2016 lalu. Ia diberi amanah bersama Adriatma Dwi Putra (ADP) yang menjadi Sekretaris DPW PAN. Pelantikan pengurus dilakukan di Baubau, Juni lalu. Dalam perjalannya, Umar masih sempat menjadi bagian penting dalam pengambilan keputusan siapa yang diusung PAN di berbagai Pilkada di Sultra.

Sayangnya, saat proses Pilkada berjalan dan tengah memasuki masa kampanye, ia ditetapkan sebagai tersangka kasus suap. Beberapa waktu kemudian, karena tak kunjung hadir dalam panggilan pemeriksaan di KPK, ia pun dijemput penyidik. 26 Januari lalu, ia resmi ditahan. Meski begitu, ia bersama pasangannya La Bakry, tetap menang di Pilkada Buton yang baru saja digelar.

Nama Dr Asrun menjadi yang paling santer dikabarkan paling layak untuk posisi Ketua DPW PAN Sultra. Kepiawaiannya meramu strategi di Pilkada Kota Kendari hingga mengantarkan ADP memenangkan kompetisi adalah salah satu tolak ukurnya. “Jangan dulu kita bicara itu, urusannya DPP itu,” elak Asrun saat ditanya soal peluangnya menjadi nakhoda baru PAN Sultra, beberapa waktu lalu.(dan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top