Wow… Rp 145 Miliar Untuk Jembatan Bahteramas – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Wow… Rp 145 Miliar Untuk Jembatan Bahteramas

kendaripos.fajar.co.id JAKARTA- Pembangunan Jembatan Bahteramas tahun ini mendapatkan kucuran anggaran sebesar Rp 145 miliar. Meskipun tak sesuai usulan pemerintah daerah yang mengajukan Rp 500 miliar, namun proyek ini dipastikan akan berjalan mulus karena sistem penganggarannya multiyears. Anggaran sebesar Rp 145 miliar difokuskan pada pembangunan pilar utama.

Jembatan Teluk Kendari1

Komisis V DPR RI, Umar Arsal mengatakan sekalipun anggaran yang dikucurkan untuk pembangunan jembatan tidak sesuai dengan usulan sebelumnya, dia optimis bahwa proyek tersebut bisa selesai akhir 2018 mendatang. Dia tidak menampik, tahun ini anggaran untuk mega proyek itu tidak sesuai dari jumlah dana yang diusulkan sebelumnya. Tapi saat APBN perubahan, politisi Partai Demokrat itu berjanji akan mengupayakan mendapat tambahan anggaran. “Untuk lanjutan pembangunan jembatan Bahteramas, nanti kan juga ada tambahan anggaran pada tahun 2018. Jadi persis tiga tahun mencakup semua tahapan,” ungkap Umar Arsal saat dihubungi telepon selularnya, tadi malam.

Umar mengatakan tidak perlu khawatir mengenai tahapan pembangunan proyek tersebut. Karena semua pihak baik DPR dan pemerintah sudah sepakat untuk menyukseskan proyek tersebut. “Dan kita harap paling lama proyek tersebut selesai tahun 2019,” alas aktivis pegiat alam bebas itu.

Tahapan pembangunan jembatan tersebut sama sekali tidak berpengaruh dengan masa jabatan Gubernur Sultra Nur Alam yang akan berakhir. Ia memastikan proyek tersebut akan sukses dilaksanakan. Karena itu pembangunannya menggunakan dana APBN dari pemerintah pusat. Jembatan Bahteramas diharapkan bisa menjadi ikon Sultra. Anggaran yang dibutuhkan untuk menyelesaikan semua tahapan proyek tersebut berkisar Rp 600 miliar hingga Rp 700 miliar.

Selain itu, kata dia ada lagi mega proyek lain yang akan dibangun di Sultra. Hanya saja sekarang masih dalam tahap penelitian. Adalah proyek di Selat Baruta yang sudah masuk dalam wacana pembangunan di Sultra. Tapi ia belum bisa memastikan kapan akan dimulai karena sekarang masih diteliti. “Target pekerjaannya akan dimulai setelah dilihat bagaimana dampak jembatan Bahteramas. Kalau jembatan Bahteramas sudah berjalan, nanti mudah-mudahan tahun ini atau tahun depan kita lakukan,” jelasnya.

Komisi V DPR RI lainnya, Ridwan BAE menambahkan, setiap tahun anggaran lanjutan pembangunan jembatan Bahtermas dialokasikan. Namun soal nominal ia tidak begitu mengingatnya. Jembatan itu, kata dia, harus dibangun dengan baik. Hanya saja perlu diantisipasi jangan sampai lahirnya jembatan menyebabkan pendangkalan di Teluk kendari. (dan/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top