100 PNS Diprediksi Tak Lulus Tes Penyesuaian Ijazah. Simak Nih…. – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Sulawesi Tenggara

100 PNS Diprediksi Tak Lulus Tes Penyesuaian Ijazah. Simak Nih….

kendaripos.fajar.co.id KENDARI– Nasib 446 Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan segera diputuskan. Apakah hasil ujian tanggal 13 dan 14 Februari lalu bisa meningkatkan ruang golongan dalam kepangkatan mereka, atau sebaliknya. Sesuai rencana, penentuan kelulusan akan dipublikasikan pada tanggal 28 Februari.

naik-pangkat

Apalagi tim telah merampungkan hasil penilaiannya. “Proses penilaian sudah selesai. Saat ini masuk tahap akhir. Tim tengah mengumpul hasil print untuk dipisahkan mana yang angkanya belum memenuhi standar dan dinyatakan lulus. Pekan ini, sudah selesai. Namun pengumuman hasilnya baru akan dilakukan hari Senin depan,” beber Hj. Nur Endang Abbas, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra, Selasa (21/2).

Penentuan kelulusan sambung mantan Sekretaris Bappeda Sultra, tetap mengacu pada hasil ujian yang menerapkan sistem Computer Assisted Test (CAT). Awalnya, BKD menetapkan standar kelulusan di atas 50 dan 60 poin. Karena hasilnya kurang maksimal, poinnya diturunkan menjadi 40 poin. Namun itupun ternyata masih banyak yang tak memenuhi syarat. Dari hasil penilaian, sekitar 25 persen atau lebih dari 100 peserta yang nilainya dibawah 40 poin.

“Standar kelulusan memang kami turunkan. Dalam seleksi di tingkat nasional, ambang batasnya masih bisa ditolerir. Hanya saja, masih banyak yang tidak lulus. Saya kira, peserta yang mengikuti tes penyesuaian ijazah sudah bisa merasa dirinya lolos atau tidak. Kan, hasil kemarin sudah bisa terlihat. Penilaian kami kan hanya lembaran print ujiannya,” kata mantan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BPPPA-KB) Sultra.

Ketidaklulusan peserta kata Endang bukan disebabkan karena tak paham teknologi. Sebagian besar peserta, sudah mengenal sistem ini. Apalagi sebelum dilakukan tes, pihaknya menggelar simulasi. Pada dasarnya, ketidaklulusan peserta memang karena ketidakmampuan menjawab soal dengan benar. Makanya, ia berharap peserta yang ingin mengikuti seleksi untuk lebih mempersiapkan diri. Terutama menyangkut pengetahuan umum, bahasa Inggris dan matematika.

“Meskipun baru kali pertama diterapkan, sistem CAT ini tak ada masalah. Padahal banyak peserta yang berasal dari daerah. Ternyata mereka cukup paham. Justru jumlah peserta dari daerah dengan pegawai di kota ini yang lulus, sebanding. Apalagi penggunaan sistem ini sangat sederhana. Peserta tinggal login dan memasukan nama sebelum menjawab soal. Bila ada yang kurang paham, panitia siap membantu,” kata mantan Ketua KNPI Sultra ini.

Bagi peserta yang tidak lulus, tetap berkesempatan mengikuti seleksi. Hanya saja, belum bisa dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Sesuai rencana, pelaksanaan tes penyesuaian ijazah akan dilakukan pada bulan Oktober mendatang. Tapi bagi mereka yang lulus secara otomatis bisa diajukan naik golongan. Misalnya, golongan I menjadi II A, golongan II naik III A dan selanjutnya. Proses kenaikannya disesuaikan dengan pangkat awal dan ijazah terakhirnya. (c/mal)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top