Polisi Siaga Satu, Kapolda Imbau Masyarakat Tetap Rukun – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Sulawesi Tenggara

Polisi Siaga Satu, Kapolda Imbau Masyarakat Tetap Rukun

kendaripos.fajar.co.id KENDARI-Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Polda Sultra) menetapkan Kota Kendari siaga satu saat ini. Penjagaan mulai ditingkatkan agar kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) tetap kondusif.

grafis kapolda baru

Apalagi dengan insiden terbakarnya dua kantor kelurahan, kemarin malam (19/2), yakni Kantor Lurah Wua-wua dan Kantor Lurah Andounohu membuat kepolisian semakin siaga. Patroli malam pun ditingkatkan.

Hal itu diungkapkan Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto, kemarin. Kepolisian akan mengambil sikap tegas jika masyarakat melakukan hal-hal yang dapat mengganggu kondisi Kamtibmas. Meski demikian, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto menilai pelaksanaan tahapan pilkada hingga pencoblosan dan perhitungan suara pada tingkat TPS tujuh kabupaten/kota di wilayah hukum Polda Sultra berjalan aman dan lancar.

“Pencapaian situasi dan kondusifitas keamanan ini karena kedewasaan dan sikap warga masyarakat kita dalam mengikuti dan menjaga dinamika kegiatan Pilkada serentak yang ada,” ungkap Brigjen Pol Andap Budhi Revianto.
Kapolda juga mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan menunggu hasil pleno KPU. Hasil hitung cepat hanya bisa menjadi informasi, bukan ketetapan resmi dalam menentukan pemenang Pilkada.

Pasalnya, ketentuan resmi hasil pilkada menjadi kewenangan KPU setelah melakukan pleno hasil perhitungan suara nantinya. Brigjen Pol Andap Budhi Revianto mengharapkan masyarakat menunggu hasil penghitungan resmi dan ril yang diumumkan oleh KPU.

“Sambil menunggu keputusan KPU, saya berharap masyarakat cukup beraktivitas seperti biasa. Kepada tim sukses pasangan calon, saya mengajak untuk mari bersama-sama mengawal seluruh hasil penghitungan oleh KPU agar bisa dilakukan sesuai mekanisme aturan dan jadwal yang telah ditetapkan,” imbaunya.

“Yakinlah bahwa kemenangan itu penting. Tapi jauh lebih penting menjaga persaudaraan, kerukunan serta kedamaian di antara kita seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara. Mari jaga persatuan dan kesatuan. Kamtibmas yang kondusif merupakan salah salah satu pra syarat berjalannya pembangunan nasional di wilayah kita Sulawesi Tenggara tercinta,” imbuhnya.

Terkait dengan adanya inseden terbakarnya dua kantor lurah, kepolisian saat ini masih melakukan proses penyelidikan. Polda Sultra menurunkan tim dari Laboratorium Forensik (Labfor) Makassar untuk mengidentifikasi penyebab kebakaran. Tim tersebut tiba di Kendari dan melakukan olah di TKP, kemarin.

Kebakaran dua kantor kelurahan yakni Kantor Lurah Wuawua dan Kantor Lurah Andounohu membuat masyrakat sekitarnya panik. Kapolda Sultra Brigjen Pol Andap Budhi Revianto dan Kapolres Kendari AKBP Sigid Haryadi langsung turun lapangan malam itu memantau insiden tersebut. Perkuatan pengamanan pasca pencoblosan di Kendari semakin ditingkatkan untuk menciptakan suasana aman dan kondusif.

Selain kepolisian, Kepala Badan Intelejen Negara Daerah (Kabinda) Sultra Brigjen TNI Andi Sumangerukka juga mengajak seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara, khususnya warga Kota Kendari agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban. Situasi memang dinilai agak sedikit tegang usai pemilihan, namun kondusivitas diharapkan tetap terjaga. “Silakan salurkan aspirasi, tapi tetap tertib. Saya berharapnya, seluruh masyarakat turut berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan,” imbaunya.(ade/ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top