Oknum Perwira Diduga Memeras Pengusaha Diperiksa Propam – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Aneka

Oknum Perwira Diduga Memeras Pengusaha Diperiksa Propam

ilustrasi

ilustrasi

kendaripos.fajar.co.id, KENDARI– Penyidik Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Sultra telah memeriksa seorang oknum perwira kepolisian yang terindikasi melakukan pemerasan pada seorang pengusaha di Baubau. Soal sanksi yang akan dijatuhkan bila terbukti melakukan tindakan tak terpuji tersebut, masih menunggu proses lebih lanjut. Kabid Propam Polda Sultra, AKBP Agoeng Adi Koerniawan yang ditemui Selasa (21/2) menjelaskan, pemeriksaan dilakukan setelah pihaknya mendapat surat perintah secara tertulis langsung dari Kapolda Sultra, Brigjendpol Andap Budhi Revianto beberapa waktu lalu.

Sayangnya, pihak Propam enggan mengungkapkan identitas oknum polisi itu. “Yang pasti ada perwira dimaksud. Kami sudah periksa beberapa waktu lalu soal dugaan pemerasan Rp 650 juta di Baubau,” katanya. Saat ini pihaknya masih mengumpulkan semua berkas dan barang bukti untuk ditindaklanjuti sebagaimana hukum kepolisian.  “Pengusaha itu juga sudah diperiksa. Soal lebihnya, nanti saja kalau kami sudah dapat arahan dari Kapolda,” ujar Agoeng sambil berlalu.

Untuk diketahui seorang pengusaha asal Kota Baubau bernama Rais Jaya Rahman yang tersandung peroslan hukum dan sedang diusut Polda Sultra mengaku telah menjadi korban pemerasan oknum penyidik Polda Sulawesi Tenggara. Permintaan uang disebut berlangsung saat awal pemeriksaan. Dia mendapat intimidasi untuk dijadikan tersangka. Rais diperiksa Polda Sultra pada Januari 2016 karena dilapor melakukan penipuan dan penggelapan dana perusahaan PT Satya Jaya Abadi atas pengelolaan kayu jati di Kabupaten Buton Selatan.

Pada Juni 2016, ia pun ditetapkan sebagai tersangka. Dalam pemeriksaan, Rais yang juga mantan Anggota DPRD Kota Baubau mengaku telah menyerahkan sejumlah uang secara bertahap kepada penyidik Polda hingga totalnya mencapai Rp 650 juta. Ia mengaku memiliki bukti-bukti berupa rekaman dan transaksi transfer dan menyimpannya. (ade/kmr)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top