Lelang Jabatan Eselon II Pemprov Sultra Dimulai, Minat? Simak Ini… – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Sulawesi Tenggara

Lelang Jabatan Eselon II Pemprov Sultra Dimulai, Minat? Simak Ini…

kendaripos.fajar.co.id KENDARI– Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ingin menduduki Jabatan Tinggi Pratama (JPT) harus segera memersiapkan diri. Seleksi lelang terbuka jabatan eselon II lingkup Pemprov Sultra akan segera dimulai. Surat permohonan Panitia Seleksi (Pansel) telah mendapat jawaban dari Komisi Aparatur Negara (KASN). “Rekomendasi telah kami terima pekan lalu. Suratnya sudah kami tindak lanjuti. Saat ini, jadwal pelaksanaan tahapan seleksi tengah disusun.

jbtn

Kalau tidak ada kendala pekan keempat Februari, tahapannya sudah bisa dimulai,” ungkap H. Lukman Abunawas, Ketua Pansel, kemarin.

Untuk saat ini kata Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra itu, jabatan yang akan dilelang hanya diperuntukan bagi posisi pemangku Pelaksana Tugas (Plt). Untuk dikukuhkan menjadi pejabat definitif, harus dinyatakan lulus asesmen melalui lelang jabatan. Diketahui, ada tujuh pejabat di lingkup Pemprov Sultra, masih berstatus Plt. Makanya, mereka harus bersaing dengan calon lain untuk menduduki jabatan tersebut.

“Tidak ada jaminan Plt bisa kembali menjabat. Bila nilainya jelek, kemungkinan mereka akan tereliminasi. Bagi mereka yang mendaftar jangan khawatir. Lebih baik persiapkan diri dengan baik. Tunjukan bahwa memang memiliki kompetensi dan kemampuan. Ingat, hanya tiga calon dengan nilai tertinggi yang akan diajukan ke gubernur,” tegas Ketua KONI Sultra tersebut.

Namun demikian kata mantan Bupati Konawe dua periode ini, masih terbuka peluang untuk pejabat yang definitif. Terutama bagi pejabat yang menduduki jabatan lebih dari 6 tahun atau yang telah memasuki usia pensiun. Namun untuk saat ini, ia belum bisa memastikan. Pasalnya, masih dalam proses pengkajian. Di sisi lain, lelang jabatan perlu menunggu persetujuan gubernur.

Kalau untuk pejabat definitif, peluangnya hanya dua. Bila masih dipercaya pimpinan, jabatannya hanya mengalami pergeseran. Mereka tidak perlu lagi mengikuti seleksi lelang terbuka. Tapi bila sebaliknya, itu artinya mereka akan dinonjob. Jabatan yang ditinggalkan bisa diserahkan pejabat eselon II lainnya atau dilelang. Saya kira bisa diketahui mana pejabat yang menjabat lebih dari 6 tahun atau usia kritis pensiun. Kan, cukup banyak pejabat saat ini yang usianya sudah 57 sampai 58 tahun. Namun semuanya, kita kembalikan ke gubernur. Sebab proses pergantian pejabat eselon II menjadi kewenangan dan hak preoregatif gubernur,” tandasnya. (c/mal)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top